Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Agu 2021 23:22 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Loh Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta

Tim detikcom
detikTravel
Foto Drone Ngarai Sianok
Ngarai Sianok (Okta Marfianto/detikTravel)
Jakarta -

Berbeda dengan Jawa, Pulau Sumatera menyimpan keunikan yang tak kalah menawan. Berikut kondisi geografis Pulau Sumatera berdasarkan peta.

Dihimpun detikTravel, Senin (30/8/2021), asal usul nama Sumatera sendiri berasal dari kata Samudera seperti ditulis dalam buku 'Sejarah Daerah Propinsi Daerah Istimewa Aceh' oleh Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah.

Sebutan untuk Sumatera

Zaman dahulu para pedagang dari berbagai negara suka menyebut Sumatera dengan kata Somaterra, Samotra, Samatra, Syamatra, Zamatra, Zamara, Sumatora, Somatra, hingga Samatra.

Letak Astronomis Sumatera

Sumatera berada di 0° Lintang Utara (LU) dan 120° Bujur Timur (BT). Dataran ini memiliki iklim tropis sehingga hidup berbagai binatang khas, seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, hingga Gajah Sumatera.

Berdasarkan peta pulau Sumatera, batas sebelah Selatan pulau Sumatera adalah Kepulauan Mentawai, Utara adalah negara Malaysia dan Singapura, Timur adalah Pulau Kalimantan, dan Barat adalah negara India.

Pulau Sumatera memiliki luas mencapai 473.481 Km². Dari luas tersebut, ada 10 provinsi yang berdiri, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau

Berbagai jenis pantai menghiasi pulau Sumatera, seperti pantai Lampuuk di Aceh, Sorake di Sumatera Utara, Rupat di Riau, Mentawai di Sumatera Barat, Berhala di Jambi, dan Panjang di Bengkulu.

Selain dihiasi dengan pantai, kondisi geografis pulau Sumatera berdasarkan peta juga dihiasi berbagai gunung, misalnya gunung Kembar di Aceh, Sinabung di Sumatera Utara, Kerinci di Jambi, Mande Rabiah di Sumatera Barat, hingga Krakatau di Lampung.

Itulah kondisi geografis Pulau Sumatera berdasarkan peta. Sekiranya semoga informasi ini berguna dan bisa mencerahkan traveler yang ingin mencari informasi tentang Pulau Sumatera.



Simak Video "Tiga Pulau Bersejarah yang Berada di Kepulauan Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA