Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Sep 2021 12:48 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Cuma Pesona Bahari, Pulau Untung Jawa Punya Wisata Kuliner dan Kriya

Femi Diah
detikTravel
Pulau Untung Jawa
Pulau Untung Jawa (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu tidak hanya menawarkan pesona wisata bahari buat wisatawan, tetapi pulau itu menyimpan potensi wisata lain. Apa saja?

Pulau Untung Jawa yang bisa dicapai dengan kapal cepat selama 30 menit dari Dermaga Marina, Ancol memang sejak lama menjadi jujugan wisata lokal maupun internasional. Mayoritas pengunjung merupakan wisatawan lokal ibu kota.

Pulau Untung Jawa, yang masuk dalam 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, menawarkan beragam wisata bahari. Mulai dari permainan air, seperti banana boat, donat boat atau snorkeling, kemudian hutan mangrove, dan Kampung Jepang di pantai pasir putih Pantai Sakura.

Pulau -pulau kecil lain di Untung Jawa juga sip untuk dijelajahi. Di antaranya, wisata konservasi yang ada di Pulau Rambut, wisata sejarah di Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor, serta Pulau Resort di Pulau Bidadari dan Pulau Ayer.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut ada potensi ekonomi kreatif berbasis alam dan budaya di Pulau Untung jawa yang bisa dikembangkan. Yakni, lewat kuliner, fesyen, dan kriya.

Pulau Untung JawaMenparekraf Sandiaga Uno di Pulau Untung Jawa Foto: dok. Kemenparekraf

"Salah satu potensi ekonomi kreatif di Untung Jawa, yaitu kuliner sukunnya yang merupakan pohon endemik di sini. Sehingga, bisa menjadi produk unggulan," kata Sandiaga, Sabtu (4/9/2021).

"Baju yang saya pakai ini seperti baju Hawaii, pas, adem buat di pantai. Tetapi sebetulnya ini bisa dibuat menjadi baju khas Untung Jawa, tinggal diubah model dan motifnya sehingga ini bisa jadi baju khas Untung Jawa," kata Sandiaga.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan suvenir di Pulau Untung Jawa. Di sana cukup banyak tersedia kios suvenir, termasuk kerajinan tangan dari kerang.

Untuk memudahkan wisatawan, Pulau Untung Jawa menyediakan penginapan berupa homestay. Pulau Untung Jawa memiliki 220 kamar homestay yang dimiliki 51 pemilik yang dibangun masyarakat.

Pulau Untung JawaSukun, cemilan khas Pulau Untung Jawa. Pohonnya endemik di Pulau Untung Jawa. Foto: dok. Kemenparekraf

Selain itu, cukup mudah ditemui toilet dan tempat untuk berganti pakaian setelah wisatawan bermain air laut. Pulau Untung Jawa juga merupakan pulau yang amat bersih. Wisatawan juga bisa dengan mudah mendapati tong-tong air untuk cuci tangan dan tong sampah di pulau itu.

Sandiaga berharap Pulau Untung Jawa mampu meningkatkan daya saing yang lebih baik, membuka lapangan kerja dan menyejahterakan masyarakat melalui potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya doakan pariwisata Pulau Untung Jawa segera pulih, lapangan kerja terbuka sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Sandiaga.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA