Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Sep 2021 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Catat Nih, Masuk ke Taman Nasional Danau Kelimutu Wajib Daftar Online

Syanti Mustika
detikTravel
Danau Kelimutu
Foto: Bekti Yustiarti/d'Traveler
Jakarta -

Taman Nasional Danau Kalimutu sudah membuka gerbangnya. Kamu yang ingin datang harus daftar online terlebih dahulu.

Taman Nasional Kelimutu sudah dibuka sejak 4 September 2021. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Balai Taman Nasional Kelimutu menerapkan sistem pemesanan daring selama masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, demi mencegah membludaknya wisatawan.

Dalam akun Instagramnya, disebutkan untuk pendaftaran masuk, wisatawan bisa mengirimkan pesan Whatsapp ke nomor 082110103335 pada pukul 07.30 sampai 17.30 setiap harinya. Pemesanan daring ini hanya dapat mendaftarkan lima orang dalam satu rombongan, dan wajib dilakukan minimal satu hari sebelum kedatangan.

[Gambas:Instagram]



Perlu nih traveler perhatikan, wisatawan yang terlanjur datang sebelum melakukan pendaftaran tidak akan diizinkan masuk.

"Kita sudah buka kembali kawasan wisata ini dengan batas pengunjung 300 orang per hari dan semuanya harus mendaftar secara daring melalui Whatsapp," kata Kepala Balai Taman Nasional (BTN) Kelimutu, Hendrikus Rani Siga, seperti yang dikutip dari ANTARA, Selasa (7/9).

Hendrik mengaku jika dalam sehari pemesanan sudah mencapai 300 orang, maka pendaftaran otomatis akan langsung ditutup. Jumlah tersebut merupakan rekomendasi kuota pengunjung sebanyak 50 persen berdasarkan surat Satgas COVID-19 Kabupaten Ende Nomor 43/SATGASCovid-19/VII/2021, Instruksi Mendagri tentang pemberlakuan PPKM level 4, level 3 dan level 2 COVID-19.

"Walaupun sudah dibuka kembali, wisatawan yang datang juga harus memperhatikan beberapa aturan yang sudah kami tetapkan," ujarnya.

[Gambas:Instagram]



Lebih lanjut, ujar dia, pembukaan kembali aktivitas wisata di Taman Nasional Kelimutu ini akan ditinjau kembali jika dalam perjalanan kasus COVID-19 di Kabupaten Ende kembali meningkat.

Traveler perlu memperhatikan protokol kesehatan selama berkunjung ke wisata yang terkenal dengan danau 3 warnanya ini. Dalam Instagramnya, TN Kelimutu merinci aturan sebagai berikut:

1. Sobat Kelimutu tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat
2. Jumlah pengunjung dibatasi sesuai aturan yang berlaku (PPKM Level 3 : 50%)
3. WAJIB melakukan booking online
4. Tetap memperhatikan pengamanan dan kebersihan di kawasan wisata TN Kelimutu
5. Apabila terjadi peningkatan kembali pandemi Covid 19 di Kabupaten Ende (PPKM level 3 menjadi PPKM level 4), maka pengumuman ini akan ditinjau kembali.



Simak Video "Tak Akan Ada Lagi Fitur Swipe Up di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA