Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Sep 2021 10:14 WIB

TRAVEL NEWS

Baru Buka, Ini Catatan Khusus untuk Wisata The Lodge Maribaya

Whisnu Pradana
detikTravel
The Lodge Maribaya Lembang
Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat menggarisbawahi beberapa poin penting pada hari pertama pembukaan wisata di masa ujicoba, Minggu (12/9/2021).

Di Bandung Barat sendiri hanya ada satu objek wisata yang diizinkan untuk menjalani masa ujicoba pembukaan wisata di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, yakni The Lodge Maribaya.

Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud Bandung Barat David Oot mengatakan di wisatawan yang hendak masuk ke objek wisata The Lodge Maribaya terkendala jaringan saat mencoba log in aplikasi PeduliLindungi.

Selama masa ujicoba setiap wisatawan yang akan masuk ke The Lodge Maribaya wajib melakukan log in pada aplikasi PeduliLindungi. Setelah itu wisatawan baru diizinkan membeli tiket terkecuali anak di bawah usia 12 tahun.

"Kesulitan dari penerapan scan barcode aplikasi itu cukup lama dan enggak ada sinyal bagi sebagian wisatawan. Jadi kalau wisata di KBB, untuk menerapkan barcode PeduliLindungi harus di objek wisata yang gampang sinyalnya," ungkap David saat dihubungi detikcom, Senin (13/9/2021).

Catatan lainnya bagi pengelola yakni perbaikan fasilitas yang ada di area objek wisata. Sebab dengan material kayu beberapa detail di area objek wisata sudah lapuk dan berpotensi membahayakan pengunjung.

"Peralatan dan fasilitas perlu diperbaiki, karena sudah lama tutup jadi ada yang sudah usang beberapa. Misalnya pegangan tangga itu kan kayu nah itu harus diganti. Intinya kenyamanan dan keamanan pengunjung itu yang utama," terang David.

Selanjutnya Pengunjung The Lodge Maribaya Masih Sedikit

Secara garis besar ia mengatakan jika pengelola sudah paham soal penerapan protokol kesehatan pada saat ujicoba tersebut. Termasuk dari segi jumlah pengunjung yang datang masih jauh di bawah batas yang ditentukan.

"Intinya begini, untuk prokesnya mereka sudah sesuai prosedur karena sesuai CHSE juga. Ini tahap ujicoba jadi diterapkan aturannya semaksimal mungkin sesuai ketetapan Kemenparekraf. Tapi evaluasi kita semuanya berjalan cukup baik. Jumlah yang datang juga kemarin sangat sedikit, baru sekitar 350 orang," kata David.

David berharap ujicoba kali ini bisa berjalan dengan baik sampai akhir sehingga objek wisata yang menjalani ujicoba bisa bertambah. Apalagi pengelola objek wisata lainnya juga mengharapkan bisa buka seperti The Lodge Maribaya.

"Objek wisata lainnya mengharapkan bisa ujicoba juga. Mudah-mudahan memang ada penambahan jumlah objek wisata yang bisa ujicoba," pungkas David.



Simak Video "Kemenkes Beberkan Masa Depan Aplikasi PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA