Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Sep 2021 23:29 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Tuan Rumah Forum Pariwisata Global, Isyarat Wisata Segera Bangkit

Putu Intan
detikTravel
Patung Selamat Datang di Bundaran HI
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Global Tourism Forum 2021 yang diselenggarakan pada 15-16 September 2021. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melihat acara ini sebagai isyarat kebangkitan wisata Indonesia.

Global Tourism Forum: Hybrid Event Leaders Summit Asia Indonesia 2021 merupakan kegiatan diskusi mengenai pariwisata dan isu-isu di dalamnya. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara World Tourism Forum Institue (WTFI) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Indonesia Tourism Forum.

CEO WTFI Sumaira Issac menyampaikan diadakannya forum ini di Indonesia, menandakan bahwa negara ini sudah dapat menerima kunjungan bisnis. Di samping itu, forum ini sendiri akan membantu mengembalikan pariwisata dan ekonomi global yang terdampak pandemi COVID-19.

"Forum ini memberi pesan yang kuat bahwa saat ini dunia akan dibuka kembali dan pariwisata dibutuhkan semua orang," kata dia.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah tentunya begitu membanggakan. Kebanggaan itu juga dirasakan Menparekraf Sandiaga melalui pertemuan virtual, Selasa (14/9/2021). Sandiaga melihat cara tersebut sebagai komitmen pemulihan wisata di Indonesia.

"Ini juga dalam rangka memenuhi komitmen atau pemulihan pariwisata yang dilakukan Indonesia," paparnya.

Sandiaga menjelaskan, Indonesia punya potensi wisata yang besar tak hanya bagi negara ini sendiri tetapi juga secara global. Melihat potensi itu, saat ini pihaknya terus berupaya menyiapkan destinasi percontohan untuk pembukaan wisata, salah satunya Bali.

"Kami akan melanjutkan persiapan pembukaan kembali Bali dan 18 destinasi wisata lainnya termasuk Batam dan Bintan sebagai pilot project untuk pembukaan kembali," tuturnya.

Sementara itu Presiden WTFI Bulut Bagci mengatakan, Indonesia dipilih sebagai tuan rumah karena dianggap punya destinasi menarik dan paling aman di Asia Tenggara.

"Kami melihat pemerintah Indonesia benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata. Ini penting sebab pariwisata tak dapat dikembangkan bila hanya mengandalkan sektor privat," kata Bagci.

Global Tourism Forum 2021 ini akan diselenggarakan di Hotel Raffles, Jakarta. Pelaksanaan acara dibuat dengan hibrida yakni menggabungkan pertemuan langsung dan daring. Nantinya ada 101 pembicara dari Indonesia dan internasional.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA