Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Sep 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kawasan Cikini Jakarta Bakal Dihiasi Lebih Banyak Mural

Antara
detikTravel
Warga melintas di depan grafiti Tumbang di kawasan Cikini, Jakpus. Tulisan Tumbang dilengkapi mural karakter pria mengenakan baju coklat dengan nametag DKI-1.
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menghiasi kawasan Jalan Cikini Raya dengan mural untuk mendukung urban tourism. Para seniman akan digandeng.

"Saat ini masih dalam tahap pembicaraan dengan kawan-kawan pelaku mural. Namun, target nanti akhir tahun ini akan selesai," kata Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata DKI Jakarta Hari Wibowo seperti dikutip detikTravel dari Antara, Kamis (16/9/2021).

Mural yang dibuat seniman tersebut, kata Hari, bertujuan memperindah salah satu kawasan bersejarah di Jakarta ini. Proyek beautifikasi kota ini menggunakan sumber pendanaan di luar APBD.

Dia menyebutkan, tidak semua mural bisa digambar di calon lokasi wisata bersejarah itu. Hanya mereka yang lolos seleksi rancangan yang akan diizinkan menghiasi titik yang telah ditentukan Dinas Pariwisata, seperti tidak mengandung unsur SARA.

Revitalisasi trotoar di Cikini yang dilakukan beberapa waktu lalu menarik perhatian masyarakat. Seperti apa kondisi trotoar di Cikini saat ini?Revitalisasi trotoar di Cikini yang dilakukan beberapa waktu lalu menarik perhatian masyarakat. Seperti apa kondisi trotoar di Cikini saat ini? (Grandyos Zafna/detikcom)

Hari belum bisa memerinci lokasi yang akan dilukis dengan mural. Pasalnya, masalah perizinan masih perlu diurus.

"Saat ini titiknya belum fix karena ada gedung-gedung milik swasta yang kami masih mintakan izinnya, tetapi yang pasti di tiang pancang KAI itu akan dihiasi mural," tutup Hari.

Sejalan dengan revitalisasi kawasan seni budaya TIM

Kawasan Cikini juga mencakup pusat kesenian dan budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) yang kini sedang direvitalisasi.Per awal Agustus lalu, pengerjaan revitalisasi TIM diketahui telah masuk tahap kedua.

[Gambas:Instagram]



"Pengerjaan tahap-2 Revitalisasi TIM terus berproses dan memasuki minggu ke-25. Untuk realisasi progres pengerjaan itu sendiri adalah 25,04%," bunyi informasi di laman Dinas Budaya DKI Jakarta pada awal Agustus lalu.

Sedangkan untuk pengerjaan tahap 1, diketahui telah masuk minggu ke 111 pada tujuh hari lalu. Dimana telah tampak satu gedung baru yang tinggi dan memanjang ke belakang dengan progres mencapai 98,20 persen. Nantinya bangunan itu akan menjadi ruang galeri, perpustakaan hingga cafetaria.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, telah ada beberapa bagian dari TIM baru yang telah rampung 100 persen. Beberapa contohnya seperti gedung area parkir dan Masjid Amir Hamzah.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Masakan Manado Serba Pedas di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA