Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Sep 2021 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Wagub DKI: Kunjungan Turis ke Jakarta Turun 82,9 %

Jakarta Zona Hijau Corona Kata Wagub, Ini Data Corona Terbaru
Foto: Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pandemi yang melanda dunia begitu memukul sektor pariwisata. Di Ibukota DKI Jakarta penurunan wisatawan sangat signifikan dirasakan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan laporan dari WHO bahwa pada tahun 2021, kasus konfirmasi COVID-19 telah meningkat secara signifikan sekitar 112 juta. Sedangkan jumlah orang yang meninggal dunia akibat COVID-19 mencapai lebih dari dua juta jiwa.

"Untuk menahan laju penularan virus COVID-19 banyak negara di dunia yang menerapkan kebijakan lockdown dan pembatasan perjalanan untuk menurunkan jumlah kasus konfirmasi dan tingkat kematian," ungkap Riza.

Sementara itu, menurut laporan organisasi pariwisata dunia, UNWTO tahun 2020, perjalanan dan pariwisata adalah sektor yang paling terkena dampak dari pandemi ini. Hal ini merupakan situasi darurat kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Jumlah pelancong internasional menurun hampir 3/4 atau sekitar 72% dari bulan Januari hingga Oktober 2020, hal ini juga berdampak pada pendapatan ekspor pariwisata internasional sebesar 935 miliar dolar," ungkap Riza.

Riza pun menuturkan upaya Jakarta untuk mengatasi tingginya kasus virus Corona. Dia menyebut pembatasan sosial menjadi upaya yang efektif untuk membatasi pergerakan masyarakat.

"Situasi serupa juga terjadi di Jakarta selama masa pandemi COVID-19 Jakarta menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar implementasi kebijakan ini cukup efektif untuk menahan mobilitas masyarakat namun hal ini memberikan pukulan besar bagi industri pariwisata,

Sementara, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, terdapat penurunan yang sangat signifikan dari kunjungan wisatawan ke ibukota.

"Badan Pusat Statistik provinsi DKI Jakarta mencatat bahwa kunjungan wisatawan ke ibu kota Jakarta pada bulan Januari hingga Juli 2021 mengalami penurunan sekitar 82,9% atau hanya 64.687 orang dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang mencapai 377.799 wisatawan," kata Riza.



Simak Video "Soal Wacana Interpelasi, Wagub DKI Siap Jelaskan Terkait Formula E"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA