Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Sep 2021 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sumedang Punya 69 Objek Wisata, tapi Cuma Satu yang Punya Sertifikat CHSE

Nur Azis
detikTravel
Destinasi wisata di Sumedang
Foto: Destinasi Wisata di Sumedang (Disbudparpora Sumedang)
Sumedang -

Sumedang tercatat memiliki 69 obyek wisata. Namun sayang, dari 69 obyek wisata itu cuma satu yang sudah mengantongi sertifikat CHSE dari Kemenparekraf.

Sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) penting dimiliki oleh para pelaku usaha pariwisata lantaran menjadi salah satu syarat boleh tidaknya dibuka tempat wisata di tengah pandemi Covid-19.

Di Kabupaten Sumedang sendiri, dari ratusan tempat wisata hanya satu lokasi wisata yang baru memiliki sertifikasi CHSE, yakni Kampung Karuhun.

Dikutip dari situs resmi kemenparekraf.go.id, sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain yang terkait, lingkungan masyarakat, serta destinasi pariwisata. Sertifikasi ini memberi jaminan kepada masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan adalah sesuai standar protokol CHSE.

Terkait hal itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mendorong kepada para pelaku usaha pariwisata, khususnya tempat wisata agar segera mengajukan sertifikasi CHSE. Hal itu agar memudahkan proses operasional kaitannya dengan salah satu syarat di zona PPKM tertentu di masa pandemi Covid-19.

"Tempat wisata di Sumedang segera ajukan sertifikasi CHSE seperti Kampung Karuhun agar ke depannya memudahkan dalam operasionalnya," ungkap Bupati kepada detikcom, Kamis (16/9/2021).

Dony menjelaskan sebagaimana aturan Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021 kaitannya dengan pelonggaran di zona PPKM Level 3, bagi tempat wisata yang memiliki sertifikasi CHSE nantinya dapat diusulkan untuk ujicoba pembukaan. Usulan itu bisa diajukan oleh Dinas Pariwisata atau Organisasi pariwisata terkait lainnya.

"Nanti dinas terkait atau organisasi pariwisata mengusulkan ke Kemenparekraf, kalau ada izin bisa dilakukan percobaan pembukaan nantinya bisa menjadi contoh bagi tempat wisata lainnya," terang Dony.

Dony berharap status Kabupaten Sumedang bisa segera berubah dari PPKM level 3 menjadi level 2.

"Semoga segera ke level 2 agar aktivitas bisa dijalankan secara normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," pungkasnya.

Selanjutnya ---->> Sertifikat CHSE Baru Mau Diurus

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Level PPKM Turun, Kemenparekraf Siapkan CHSE Konser"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA