Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Sep 2021 09:23 WIB

TRAVEL NEWS

Kenal Lebih Dekat dengan Stasiun Favorit Pemudik, Stasiun Pasar Senen

Syanti Mustika
detikTravel
Stasiun Pasar Senen sebagai cagar budaya
Stasiun Pasar Senen. Foto: (Pradita Utama)
Jakarta -

Salah satu stasiun yang dekat dengan traveler adalah Stasiun Pasar Senen. Karena stasiun ini melayani kereta jarak jauh untuk semua kelas.

Cerita sejarah memang selalu menarik untuk diketahui. Tahu nggak kalau bangunan Stasiun Pasar Senen ini adalah yang kedua? Tahu nggak kenapa namanya Stasiun Pasar Senen? tahu nggak terowongan di penyeberangan penumpang itu yang pertama dibangun di Indonesia?

Nah, detikcom pun berbincang dengan Manager Preservation and Documentation Kereta Api Indonesia, Hardika Hadi Rismaji. Dia pun menceritakan sejarah singkat dari pembangunan Stasiun Pasar Senen.

Stasiun Pasar Senen diresmikan oleh perusahaan kereta api swasta Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (BOSM) bersamaan pembukaan lintas Batavia (Jakarta) - Bekasi tanggal 31 Maret 1887. Bangunan Stasiun Pasar Senen bergaya indische empire dengan kanopi besi setengah lingkaran yang menaungi jalur rel di bawahnya.

Stasiun Pasar Senen sebagai cagar budayaStasiun Pasar Senen sebagai cagar budaya Foto: (Pradita Utama)

Lintas Jakarta-Bekasi merupakan tahap pertama dari pembangunan Jakarta-Karawang. Lebih lanjut, BOS merampungkan proyek tahap kedua Bekasi-Cikarang (1890) dan Cikarang-Kedunggede (1891).

"Pada tahap keempat Kedunggede-Karawang, BOS mengalami kendala keuangan. Karena itu pemerintah pun turun tangan, dengan syarat apabila keseluruhan jalur selesai pengelolaan diserahkan kepada perusahaan kereta api negara, Staatssporwegen (SS). Alhasil, ketika jalur tersebut diresmikan pada 20 Maret 1898, pengoperasiannya menjadi milik SS," ujar Hardika.

Stasiun Pasar SenenBangunan awal Stasiun Pasar Senen yang dibangun BOS. (dok Spoorwegstation op Java via KAI Heritage)


Sejak awal abad ke-19, pemerintah Hindia Belanda memiliki rencana guna memperbaiki kondisi perkeretaapian di Jakarta dan sekitarnya. Namun terdapat kendala yakni perkeretaapian di Jakarta terdiri dari perusahaan kereta api negara serta beberapa swasta.

Gayung bersambut baik, tahun 1913 SS membeli jaringan perkeretaapian Jakarta-Buitenzorg (Bogor) milik perusahaan kereta api swasta Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Sebelumnya jalur Jakarta-Bogor merupakan jalur kereta api pertama di Jakarta yang diresmikan pada tahun 1873.

Selanjutnya: renovasi Stasiun Pasar Senen menjadi makin ciamik

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cerita Mereka yang Pasang Badan di Balik Sibuknya Stasiun Pasar Senen"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA