Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Sep 2021 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk Ke Tempat Wisata Aman di Jabar, Ini Daftarnya

The Lodge Maribaya di Bandung Selatan
The Lodge Maribaya. Foto: Putu Intan/detikTravel
Bandung -

Sektor pariwisata di Jawa Barat mulai kembali menggeliat. Beberapa objek wisata dipastikan sudah aman dan menerapkan pola Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE). Mana saja?

Berdasarkan data yang diperoleh detikcom dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar ada beberapa objek wisata yang sudah menerapkan CHSE. Objek wisata tersebut tersebar di beberapa daerah di Jabar.

Objek wisata tersebut seperti Jbound di Kota Bogor, Taman Safari Indonesia di Kabupaten Bogor, The Lodge Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian Saung Angklung Udjo di Kota Bandung, Glamping Lakeside di Kabupaten Bandung dan Kawah Putih juga di Kabupaten Bandung Barat.

Tempat-tempat wisata itu juga termasuk yang diujicoba beroperasi sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ada 20 tempat wisata di Indonesia yang salah satu di antaranya di Jabar.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan pembukaan objek wisata ini dinilai cukup dilematis. Dia mengkhawatirkan adanya revenge tourism namun di sisi lain roda ekonomi sektor pariwisata harus tetap berjalan.

"Memang dilematis. Tapi yang jelas pengunjung harus taat prokes, tetap waspada. Pengelola objek wisata pun harus taat aturan," ujar Dedi kepada wartawan, Sabtu (18/9/2021).

Sementara itu dengan adanya objek wisata yang sudah menerapkan CHSE, dia meminta agar masyarakat juga patuh terhadap protokol kesehatan. Dia menegaskan syarat utama masuk ke tempat wisata yakni sudah divaksin.

"Syarat utama itu vaksin, pastikan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, pastikan pemesanan melalui aplikasi semua. Selain siapkan antigen di tempat wisata. Karena pasti di destinasi juga ada screening. Agar aman, cari juga tempat yang sudah CHSE," katanya.

Di samping itu, kata Dedi, dia mengusulkan ke pemerintah pusat agar aplikasi PeduliLindungi bisa memuat kapasitas wisataran di objek wisata dengan pendekatan kawasan. Sehingga masyarakat yang bisa memantau langsung objek wisata mana yang penuh atau tidak.

"Kemarin saya usulkan, jadi pendekatannya kawasan. Jadi misalkan sekarang kawasan Kabupaten Bandung Barat ada The lodge harus in line dengan Orchid Forest atau misalkan dengan Farm House. Kita usulkan untuk menjadi percontohan PeduliLindungi," tutur dia.



Simak Video "Kawah Putih dan Glamping Lakeside Bersiap untuk Uji Coba Pembukaan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA