Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Sep 2021 14:17 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat

Ilustrasi pesawat dan bandara
Foto: AP II
Jakarta -

PPKM Jawa Bali dan luar Jawa Bali kembali diperpanjang. Sebelum traveler melakukan perjalanan udara, ketahui dulu persyaratan naik pesawat.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, menurut aturan dari Instruksi Mendagri Nomor 43 dan 44 Tahun 2021, pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor maupun transportasi jarak jauh seperti pesawat, bis, kapal laut, dan kereta api harus menunjukkan sertifikat vaksin, minimal dosis pertama.

Selain itu, traveler juga harus menunjukkan hasil tes PCR (H-2) untuk pesawat udara dan antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, motor, bus, kereta api, dan kapal laut.

Ketentuan syarat sertifikat vaksin dan swab PCR/Antigen itu hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali. Aturan tak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi, sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, untuk perjalanan dengan pesawat udara antarkota atau kabupaten di dalam Jawa dan Bali bisa menunjukkan hasil tes Antigen (H-1), namun dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Traveler yang baru mendapatkan vaksinasi pertama dapat menyertakan hasil tes PCR (H-2). Untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dalam memiliki kartu vaksin.

Dalam aturan yang tertera, masyarakat diimbau tetap memakai masker dengan benar dan konsisten saat melaksanakan kegiatan di luar rumah. Selain itu, penggunaan face shield tanpa masker tidak diizinkan.

Perhatikan yam ketimbang harus putar balik.

Stay safe traveler!



Simak Video "Penumpang Pesawat di YIA Keluhkan Syarat Wajib PCR"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA