Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Sep 2021 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Minim Kunjungan dan Beban Operasional Membengkak, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Weekend

Gembira Loka  Zoo
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Minimnya pengunjung yang datang ke Gembira Loka (GL) Zoo Yogyakarta karena banyak anak-anak yang tidak bisa masuk berbanding terbalik dengan biaya operasional GL Zoo. Untuk meminimalisir biaya operasional, mulai pekan depan GL Zoo hanya buka saat weekend.

Direktur Utama GL Zoo, KMT.A. Tirtodiprojo mengatakan, bahwa sejak uji coba pembukaan pada tanggal 13 September, pengunjung GL Zoo setiap harinya tidal lebih dari 70 orang. Selain itu, saat weekend atau akhir pekan jumlah kunjungan tidal lebih dari 200 orang.

"Sehingga dari pada menambah beban operasional Gembira Loka pada saat dibuka, maka hari Senin (27/9/2021) besok Gembira Loka memutuskan untuk menutup kegiatan uji coba selama hari biasa. Kecuali akan dibuka pada hari Sabtu dan Minggu," katanya kepada wartawan di GL Zoo Yogyakarta, Kamis (23/9/2021).

Pria yang kerap disapa Joko ini melanjutkan, nantinya saat hari Sabtu dan Minggu pihaknya menerapkan pembagian waktu kunjungan. Di mana bisa untuk berolahraga dan rekreasi.

"Sabtu Minggu pun ada 2 hal, pagi jam 6 sampai jam 8 khusus olahraga dan setengah 9 khusus untuk uji coba rekreasi," ucapnya.

Gembira Loka  ZooDirektur Utama GL Zoo, KMT.A. Tirtodiprojo (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Lebih lanjut, Joko mengaku minimnya kunjungaan karena banyak orangtua yang tidak jadi masuk GL Zoo karena membawa anak berusia di bawah 12 tahun. Padahal, sebagian besar pengunjung GL Zoo adalah anak-anak.

"Rata-rata mereka itu bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi, tapi karena membawa anak tidak bisa masuk. Jadi mereka tidak bisa masuk karena anaknya tidak bisa masuk, namanya juga orangtua kalau anaknya tidak masuk ya pilih tidak jadi masuk kan. Padahal kan konsumen GL Zoo untuk anak-anak," ujarnya.

"Bahkan, rata-rata yang tidak bisa masuk itu sekitar 5 sampai 6 kali dari pengunjung yang berhasil masuk. Jadi kalau GL Zoo ada 50 orang maka ada 300 sampai 400 orang yang tertolak masuk," lanjut Joko.

Gembira Loka  ZooGembira Loka Zoo Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Terkait sampai kapan penerapan GL Zoo hanya buka saat weekend, Joko mengaku menyesuaikan kebijakan PPKM. Oleh sebab itu, dia berharap ada kebijakan khusus untuk obwis yang segmentasinya menyasar anak-anak.

"Tidak tahu sampai kapan, kita lihat kebijakannya seperti apa," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk masuk ke GL Zoo dikenakan biaya Rp 60 ribu per orang saat hari biasa. Sedangkan saat weekend Rp 75 ribu per orang dengan catatan tiket masuk sudah termasuk gratis menaiki kapal dan kereta di GL Zoo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengaku tengah mengusulkan agar anak di bawah 12 tahun bisa masuk ke obwis. Terlebih, saat ini anak di bawah 12 tahun sudah boleh masuk mall dengan catatan orangtuanya telah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Saya kira ini dalam rangka uji coba, namanya uji coba kan dicoba dan diuji apakah nanti ada positif dan negatifnya. Nanti akan terus dilakukan evaluasi," katanya saat ditemui wartawan di Kota Yogyakarta.

"Yang jelas kemarin sudah sempat dibicarakan dengan Kemenparekraf dan tentu akan jadi bahan pertimbangan. Sekarang dimulai dari mall ya, mall sudah boleh (anak di bawah 12 tahun masuk( dengan syarat orangtua mendampingi sudah screening, saya yakin nanti akan ada evaluasi seperti itu untuk tempat wisata," imbuh Singgih.



Simak Video "Rencana Sri Sultan Usai Lokasi Wisata di Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA