Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Sep 2021 17:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sisi Mistis Goyang Karawang, Kampung Ronggeng Sampai Misteri Suara Gong

Goyang Karawang
Penari Goyang Karawang Foto: (Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang -

Goyang karawang tak hanya memiliki stigma erotis, tapi juga melahirkan banyak urban legend. Mulai dari kisah rakyat, hingga mistis.

Layaknya setiap kisah populer, istilah goyang karawang juga diwarnai oleh banyak cerita rakyat yang berkembang di masyarakat. Tak terkecuali di Kabupaten Karawang.

Sejumlah kisah itu pun dituturkan oleh Ketua Karawang Heritage, Asep Ruhyani Sundapura, saat dikunjungi detikTravel di kediamannya. Kisahnya tak jauh-jauh dari penari ronggeng dan telah ada sejak zaman dahulu.

"Karawang ini memang memiliki narasi tentang seni tradisional sejak zaman dulu. Salah satu eksistensi itu bahkan melekat dalam penamaan wilayah-wilayah yang ada di Karawang, kemudian cerita-cerita urban legend yang berkaitan dengan khasanah seni tradisional," terang Asep.

Ketua komunitas Karawang Heritage.Ketua komunitas Karawang Heritage, Asep R Sundapura (dok screenshoot 20detik)

Kisah urban legend yang muncul itu pun tak jauh dari kisah penari ronggeng. Malah, banyak daerah yang terinspirasi dari hal itu.

"Di Karawang bagian Selatan misalnya, ada wilayah perbukitan yang namanya pasir ronggeng. Dimana menurut cerita legend dulu ada sebuah perkampungan yang didominasi oleh para peronggeng," tutur Asep.

Kemudian di Pegunungan Sangga Buana, ada batu yang dipercaya menjadi rujukan dari para ronggeng untuk menimba ilmu. Percaya tidak percaya.

"Kemudian juga ada Batu Ronggeng di kawasan pegunungan Sangga Buana, dimana para penari atau orang yang ingin memiliki olah vokal bagus itu mereka biasa atau diharuskan berkunjung ke Batu Ronggeng itu," lanjutnya.

Selanjutnya: Kisah mistis penari ronggeng di Leuwi Goong

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA