Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Sep 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gembira! Buaya Terlangka Sedunia Lahirkan 8 Bayi di Kamboja

Buaya Siam yang langka melahirkan 8 bayi di Kamboja
Foto: Bayi buaya Siam ditemukan di Kamboja (AP)
Srepok -

Spesies buaya terlangka sedunia, buaya Siam, tertangkap kamera punya delapan ekor bayi baru! Delapan bayi itu terekam di Kamboja. Seperti apa penampakannya?

Ahli konservasi berhasil menemukan bayi buaya Siam di sebuah sungai yang berada di Cagar Alam Srepok, Kamboja bagian timur. Ada delapan ekor bayi yang ditemukan saat itu.

Dilansir detikTravel dari AP, Sabtu (25/9/2021), bayi-bayi buaya langka itu ditemukan setelah para peneliti menghabiskan waktu 4 hari berkeliling di lokasi penemuan, mereka juga menemukan jejak kaki dan kotoran buaya beberapa bulan sebelumnya.

Spesies buaya Siam diketahui pernah tersebar hingga ke berbagai penjuru Asia Tenggara. Namun sekarang, spesies buaya itu digolongkan ke dalam daftar spesies yang sangat terancam punah oleh International Union for the Conservation of Nature (IUCN).

Populasi buaya Siam menurun drastis di era tahun 1990-an. Penyebabnya diduga karena perburuan liar, kerusakan habitat dan perkawinan silang antara buaya Siam dengan spesies buaya lain di alam.

Pemerintah Kamboja dan World Wide Fund for Nature (WWF) telah bekerja sama untuk mencari bukti perkembangbiakan buaya Siam di cagar alam Srepok selama lebih dari satu dekade ini, namun hasilnya nihil.

Buaya Siam yang langka melahirkan 8 bayi di KambojaBuaya Siam yang langka lahirkan 8 bayi di Kamboja Foto: AP

Menteri Lingkungan Hidup Kamboja, Say Samal pun menyebut berita penemuan bayi buaya Siam itu sebaga 'kabar gembira'. Sedangkan Milo Groenenberg dari WWF menyebut kabar itu sebagai 'penemuan yang signifikan bagi spesies di Kamboja dan dunia'.

Area cagar alam Srepok pun kini dijaga oleh para ranger. Dipercaya, saat ini hanya ada 400 ekor buaya Siam yang hidup bebas di alam liar. Kebanyakan dari spesies buaya itu hidup di Kamboja.

Sebelumnya di tahun 2017, peneliti satwa liar berhasil menemukan 6 butir telur buaya Siam di Distrik Sre Ambel, sebelah selatan provinsi Ko Kong, Kamboja. Di sana, para peneliti juga berhasil menemukan jejak kaki buaya, serta bekas kotorannya.



Simak Video "Buaya Gigit Jasad Remaja di Buton yang Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA