Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Sep 2021 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Desa Wisata Carangsari, Tanah Kelahiran I Gusti Ngurah Rai

Sui Suadnyana
detikTravel
Desa Wisata Carangsari
Homestay unik berbentuk mirip bawang di Desa Wisata Carangsari (Sui/detikcom)
Badung -

Desa Wisata Carangsari di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Selain Carangsari, Desa Wisata Tenganan Pegringsingan juga masuk dalam daftar tersebut.

Kedua desa wisata di Bali ini memiliki ciri khas masing-masing. Bahkan Desa Wisata Carangsari merupakan kelahiran dari salah satu pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai. Spiritnya kini diwarisi oleh masyarakat setempat, salah satunya dalam pengembangan desa wisata.

"Yang membedakan Desa Carangsari jelas, kami punya I Gusti Ngurah Rai. Jadi di desa lain tidak ada I Gusti Ngurah Rai. Jadi di sini ada I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional kami sehingga spirit beliaulah yang kami ambil bersama-sama," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Carangsari Ida Bagus Nama Rupa kepada wartawan, Sabtu (25/9/2021).

"Itu yang yang membedakan desa kami, ada spirit pahlawan I Gusti Ngurah Rai, sehingga kami akan merevolusi diri kami untuk berinovasi sehingga kami resilent sehingga situasi seperti ini," tambahnya.

Carangsari sudah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Badung sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Badung Nomor 47 tahun 2010. Meski demikian, kedatangan turis asing ke Desa Carangsari sudah sejak 1996 yang dibahas oleh True Bali Experience.

Desa Wisata CarangsariDesa Wisata Carangsari Foto: (Sui/detikcom)

"Turis asing datang ke desa ini sehingga penduduk yang lain mulai terbuka, ternyata meskipun desa ini jauh, meskipun desa ini enggak punya pantai, enggak punya gunung atau enggak punya danau tapi ada yang bisa dikembangkan," terangnya.

Karena sudah mulai terdapat wisatawan yang berkunjung, pengelola akhirnya mengumpulkan berbagai potensi wisata yang ada di desa tersebut. Dari hasil itu akhirnya kini Desa Wisata Carangsari memiliki kurang lebih 14 spot obyek wisata yang sudah siap menerima kunjungan.

Berbagai spot wisata tersebut terdiri atas wisata buatan, wisata budaya dan wisata alam. Wisata buatan yang ada di Desa Wisata Carangsari yakni Bali Elephant Camp, Alam Tirta Carangsari Rafting, Ayung River Rafting dan Triana Resort Bali.

Kemudian wisata budaya terdapat Monumen I Gusti Ngurah Rai, Tari Topeng Tugek, Tarian Maskot Carangsari, Puri Agung Carangsari, Pura Puseh Kangin Carangsari, Kampung Nyama Toko. Sementara di wisata alam terdapat Taman Beji Samuan, Carangsari Village Cycling, Carangsaru Village Trekking dan Lekaja Bali Swing.

Selain berbagai atraksi wisata, Desa Wisata Carangsari juga mempunyai produk wisata yang terdiri atas wisata edukasi dan wisata kuliner. Adapun wisata edukasi yang dimiliki yakni Pod Chocolate Tour, Tu Gex Hous Activity, Bokor Carangsari, We Love Carangsri Bali T-shirt dan yang terbaru RV University.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alasan Pemerintah Pangkas Karantina Wisatawan Mancanegara Jadi 5 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA