Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Sep 2021 21:19 WIB

TRAVEL NEWS

Pergi Kunjungan Dinas? Persiapkan Dulu Hal Penting Ini

Ilustrasi perjalanan dinas.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kunjungan atau perjalanan dinas mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Baik untuk orang-orang yang biasa melakukannya maupun untuk para first timer, kunjungan bisnis harus dipersiapkan dengan matang dan terencana.

Kunjungan dinas biasanya mempunyai tujuan, mulai menjalin kerja sama, menggaet investor asing maupun lokal, kunjungan ke cabang, juga meeting dengan berbagai pihak. Apapun tujuannya, kunjungan dinas umumnya berhubungan dengan urusan profesional yang penting sehingga setiap detail yang dibutuhkan tak boleh terlewatkan.

Melansir inc.com, berikut 4 hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan kunjungan bisnis.

Siapkan Rencana Perjalanan dengan Terencana

Rencana perjalanan kunjungan dinas yang disiapkan dengan baik tak hanya akan berpengaruh pada citra Anda, tapi juga reputasi perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan rencana yang baik sebelum perjalanan.

Misalkan, pikirkan tujuan dan prioritas Anda di tempat tujuan. Jika memiliki dua atau tiga janji temu, sebaiknya Anda mengkonfirmasi masing-masing waktu pertemuan agar tidak bertabrakan dan nyaman bagi Anda. Walau harus menyiapkan rencana, Anda juga perlu tetap fleksibel terlebih jika menemui masalah-masalah yang tak terduga nantinya.

Cari Informasi Tentang Budaya Tempat yang Akan Dikunjungi

Riset merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan kunjungan kerja. Riset bisa dilakukan untuk perusahaan/pihak yang akan ditemui, atau lingkungan yang akan dikunjungi. Dengan melakukan riset, Anda akan lebih bisa menyiapkan diri dalam membawa 'perlengkapan tempur' untuk menghadapi klien/pihak yang berurusan nantinya.

Selain itu, riset soal budaya dari suatu perusahaan atau lingkungan yang akan dikunjungi juga bisa membantu Anda dalam urusan bisnis, misalnya saat bernegosiasi atau sekadar menyapa co-worker dengan latar belakang berbeda.

Periksa Anjuran Perjalanan

Poin yang satu ini tak kalah penting untuk diperhatikan, terutama jika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri. Sebab, beberapa negara merilis anjuran perjalanan (travel advisory) tertentu untuk berbagai alasan, seperti terorisme, bencana alam, kerusuhan politik, perang, keadaan darurat kesehatan, dan lain sebagainya. Anda juga perlu mengetahui adanya kedutaan atau konsulat di negara yang akan dikunjungi untuk mengantisipasi hal darurat yang mungkin terjadi.

Di tengah pandemi seperti saat ini, anjuran perjalanan juga meliputi syarat dan ketentuan perjalanan yang berkaitan dengan dokumen kesehatan. Hal ini penting untuk Anda perhatikan sebelum melakukan kunjungan kerja, baik di dalam maupun luar negeri. Cek lagi aturan pemerintah yang berlaku agar kunjungan yang akan dilakukan bisa berjalan lancar nantinya.

Siapkan Alat Pendukung untuk Tetap Terhubung

Hal yang penting untuk selalu diperhatikan saat melakukan kunjungan kerja adalah tetap terhubung, baik dengan keluarga di rumah maupun dengan pihak yang akan dikunjungi. Untuk itu, pastikan gadget Anda bisa selalu digunakan. Cari tahu juga provider internet dan paket data yang mendukung di tempat tujuan agar Anda bisa selalu terkoneksi dengan orang lain.

Saat melakukan kunjungan kerja, gadget seperti smartphone dan laptop biasanya jadi andalan Anda melakukan sejumlah pekerjaan dan juga terhubung dengan pihak-pihak profesional lainnya. Untuk itu, Anda mesti pastikan gadget yang Anda miliki, terutama laptop, bisa menunjang pekerjaan Anda. Misalnya, dengan menggunakan ASUS ZenBook Pro 15 (UX535) yang punya bobot ringan sehingga tidak akan memberatkan tas saat Anda melakukan perjalanan bisnis.

Laptop AsusLaptop Asus Foto: dok. Asus

Selain memiliki bobot yang ringan, ASUS ZenBook Pro 15 (UX535) yang termasuk ke dalam deretan latop ASUS OLED ini juga dilengkapi dengan fitur Eye Care Display yang mumpuni dan mendukung penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengurangi keletihan mata saat melihat laptop sehingga tidak akan membuat Anda bertambah lelah saat melakukan kunjungan perjalanan.

"Ketika gua pake yang pertama kali dirasain banget adalah dia nggak nyakitin mata jadi bener bener enak nyaman banget di mata, apalagi ketika dipake kerja berjam-jam," ujar Aga Rasidi Sukandar, salah satu peserta survei yang digelar detikcom.

ASUS ZenBook Pro 15 (UX535) ditenagai prosesor Intel® Core™ i7-10870H generasi 10. Tak hanya itu, laptop dengan desain yang thin dan light ini juga dilengkapi teknologi penunjang lainnya, seperti konektivitas Intel Wi-Fi 6, dan Thunderbolt™ 3.

Desainnya yang tipis dan ringan bakal mempermudah Anda saat melakukan kunjungan kerja. Tak hanya itu, teknologi yang tersemat di dalamnya juga membuat perangkat ini bisa bantu Anda para profesional bekerja dengan lebih efisien.



Simak Video "10 Orang Ini Kasih Alasan Kenapa Teknologi ASUS OLED Worth to Have"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA