Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Okt 2021 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Hati-hati, Nakal Saat Liburan ke Sini Dendanya Miliaran

bonauli
detikTravel
Midnight Sun di Islandia
Islandia (Getty Images/iStockphoto/Leamus)
Jakarta -

Liburan ke negeri orang memang menyenangkan. Tapi jangan coba-coba untuk usil atau berperilaku buruk, dendanya bikin mata melotot.

Dilansir dari Daily Star, ada beberapa negara yang punya denda dan hukuman bagi turis nakal. Peraturannya pun beragam.

Mulai dari Islandia, negara ini punya persyaratan khusus bagi wisatawan. Turis akan diminta untuk menandatangani sebuah pernyataan yang berisikan beberapa peraturan.

Jauh sebelum Covid-19, Islandia memang sudah berjuang tentang keberlanjutan dan tanggung jawab dalam pariwisata. Turis dilarang untuk melakukan perjalanan off-road dan masuk ke area terlarang untuk berfoto.

Peraturan ini sudah diterbitkan tahun 2017. Banyak negara yang telah mengikuti kebijakan pariwisata Islandia.

Sementara itu di Finlandia, turis dilarang untuk membaca puisi sambil teriak. Kemudian, turis juga harus berjanji untuk menghormati kehidupan penduduk setempat dan akan memperhatikan kamera atau suara keras.

Sebagian besar sanksi dari pelanggaran ini hanya berupa denda kecil. Tapi jangan salah, karena denda yang paling mahal senilai USD 1 juta atau sekitar Rp 14 milyar.

Mendengar angka ini saja, mungkin akan membuatmu berpikir dua kali. Apalagi kalau sampai melanggar, pusing tujuh keliling pastinya. Karena negara-negara di Eropa sangat dikenal tegas dengan peraturan yang ada.

Kemudian selanjutnya adalah Palau. Sebagai negara kepulauan di Samudera Pasifik, Palau hidup dari sektor pariwisata. Saat liburan ke sana, turis akan diminta menandatangani paspor yang berisi ketaatan saat berwisata.

Sehingga ekologi dan budaya di negara itu tetap terjaga untuk generasi muda. Contohnya saja tidak boleh merusak biota laut setempat, memberi makan ikan dan hiu, memetik bunga atau buah dari kebun serta tidak membuang sampah sembarangan.

Pemerintah diperbolehkan untuk mendenda sejumlah besar uang bagi siapa pun yang mengabaikan perjanjian yang berlaku. Tak kenal ampun, peraturan ini berlaku untuk semua yang ada di Palau tanpa kecuali.

Jadi, sebelum liburan ada baiknya traveler mencari tahu peraturan yang berlaku di sana. Supaya bisa liburan dengan nyaman dan bebas dari denda.

Lihat juga video 'Gunung Fagradalsfjall di Islandia Masih Aktif Muntahkan Lava':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA