Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Okt 2021 10:14 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Blitar Satu-satunya Kota PPKM Level 1, Siap Kenormalan Baru

Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut Blitar akan jadi kota percontohan transisi dari pandemi jadi endemi. Blitar adalah satu-satunya kota dengan PPKM level 1.

Seiring dengan turunnya kasus COVID-19, Menparekraf Sandiaga Uno menyebut akan melakukan uji coba transisi dari pandemi menjadi endemi, dan kota yang akan dipilih untuk ujicoba tersebut adalah kota Blitar di Jawa Timur.

"Yang terpenting, yang fundamental menurut saya adalah transisi kita dari pandemi jadi endemi yang akan dimulai dari kota yang punya prestasi terbaik, yaitu kota Blitar," kata Sandiaga Uno dalam acara Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Senin (4/10/2021).

Sandiaga menyebut Blitar adalah satu-satunya kota di Indonesia dengan PPKM Level 1. Dengan predikat tersebut, Blitar dinilai siap untuk memulai apa yang disebut sebagai 'kenormalan baru'.

"Kota Blitar mendapat predikat sebagai satu-satunya kota dengan PPKM Level tingkat 1. PPKM Level tingkat 1 ini membuka ruang agar kita memulai mencoba satu kegiatan masyarakat yang dalam tanda kutip, kenormalan baru," imbuh Sandiaga.

Selain karena sudah PPKM Level 1, Blitar juga dinilai siap untuk memulai kenormalan baru karena di sana tingkat vaksinasinya tinggi, sarana dan prasarana kesehatan juga sudah siap. Nantinya, uji coba itu akan terus dievaluasi oleh Kemenparekraf dan kementerian terkait lainnya.

"Nah ini yang akan kita pelajari, kita evaluasi dan seandainya sukses di kota Blitar, karena kota Blitar tingkat vaksinasinya tinggi, termasuk vaksinasi lansia, sudah sesuai dengan target, dan memiliki kesiapan kesehatan yang kuat. Kita akan betul-betul pantau," lanjut Sandiaga Uno.

Apalagi Blitar di Jawa Timur termasuk kota dengan potensi wisata ziarah dan kuliner yang mampu mendatangkan wisatawan. Diharapkan uji coba transisi ini akan mampu menggerakkan ekonomi kreatif di kota tersebut.

"Blitar termasuk kota wisata ziarah dan kuliner unggulan di provinsi Jawa Timur. Ini yang kita harapkan bisa belajar dari pembukaan pariwisata kita serta ," pungkas Sandiaga Uno.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA