Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Okt 2021 16:37 WIB

TRAVEL NEWS

Vaksin with a View Ada Lagi, Kini Berlatar Sawah dan Perbukitan Menoreh

Vaksin with a view di Kulon Progo
Vaksin with a view di Kulon Progo (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Program vaksinasi Covid-19 with a view ada lagi. Berlokasi di Yogyakarta, sawah dan Perbukitan Menoreh jadi latar pemandangannya.

Hal itu bisa ditemui di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tepatnya di sebuah kedai kopi bernama Kopi Ingkar Janji yang terletak di kawasan wisata kuliner, Kapanewon Girimulyo.

Di tempat ini, peserta vaksinasi dapat menyaksikan keindahan alam sekitar berupa area persawahan dan jajaran perbukitan menoreh yang berada di sisi utara. Suasana kian syahdu tatkala hujan rintik membasahi area vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi bertajuk "Vaksin Wisata" ini dihelat oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) bekerjasama dengan Pemkab Kulon Progo, Dinas Pariwisata DIY dan pihak terkait lain. Tujuannya, adalah untuk mempercepat akselerasi vaksin di DIY, sekaligus mempromosikan daya tarik wisata, dalam hal ini wisata kuliner yang lesu imbas pandemi COVID-19.

"Kita memang menyasar tempat-tempat daya tarik wisata, tujuannya supaya bisa mempopulerkan daya tarik wisata, apakah itu wisata alam, wisata buatan, ataupun kuliner, nah yang kita selenggarakan ini untuk yang kuliner," ucap Direktur Pemasaran Pariwisata BOB, Agus Rochiyardi, saat ditemui di sela-sela vaksin wisata di Kedai Kopi Ingkar Janji, Jumat (8/10/2021).

Vaksin with a view di Kulon ProgoVaksin with a view di Kulon Progo (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Melalui kegiatan ini pula, lanjut Agus, BOB berupaya menunjukkan bahwa DIY serius dalam upaya menuju herd immunity sehingga ekonomi daerah ini dapat segera bangkit, dimulai dari sektor pariwisata.

"Selain di sini sebelumnya kita juga menggelar kegiatan serupa di Rest Area Bunder dan Geosite Ngingrong di Gunung Kidul) dan objek wisata Hutan Pinus Mangunan di Bantul," terangnya.

Dalam vaksin wisata di Kedai Kopi Ingkar Janji, BOB menargetkan 1.800 peserta. Prioritasnya adalah masyarakat yang tinggal di Kulon Progo dan sekitarnya.

"Pendaftarannya kemarin lewat aplikasi tiket.com karena kami juga kerjasama dengan perusahaan tersebut. Namun kami juga melayani daftar di tempat agar semua masyarakat yang ingin vaksin bisa terlayani," ucapnya.

Vaksin with a view di Kulon ProgoVaksin with a view di Kulon Progo (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Salah satu peserta vaksinasi Suratini (23) mengaku senang bisa ikut kegiatan vaksin di Kedai Kopi Ingkar Janji. Hal ini karena suasana jadi lebih nyaman dibandingkan vaksin di tempat pelayanan publik lain.

"Kesannya lebih nyaman dan tenang ya, apalagi ini baru pertama kali divaksin," ucap perempuan asal Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo tersebut.

Hal senada disampaikan Mujinem (60). Ia mengaku senang ikut vaksin di sini karena bisa sekaligus melihat pemandangan alam yang indah. "Seneng, pemandangannya juga bagus dan di sini nyaman tadi vaksinnya," ujarnya.

Kulon Progo kejar target vaksinasi

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Satgas COVID-19 Kulon Progo, Fajar Gegana mengapresiasi kegiatan vaksin wisata di Kedai Kopi Ingkar Janji karena dapat membantu upaya Pemkab Kulon Progo dalam memenuhi target vaksinasi.

"Harapannya nanti menambah percepatan vaksinasi di Kulon Progo, walaupun di Kulon Progo sebenarnya sudah melampaui target nasional, tetapi memang yang lansia kita masih perlu optimalkan," ucap Fajar.

Wabup Kulon Progo itu menerangkan secara keseluruhan target vaksinasi COVID-19 di kabupaten ini sudah mencapai 75 persen, atau sesuai dengan target vaksinasi tingkat nasional. Namun demikian, untuk kalangan lansia targetnya masih di bawah itu, yaitu berkisar 60 persen. Karena itu vaksinasi kali ini jadi penting dalam upaya mengejat target tersebut, khususnya buat kalangan lansia.

"Apalagi ini kan digelar di kawasan perbukitan di mana minat lansia buat vaksin di kawasan perbukitan itu masih rendah. Sehingga kami harap target vaksinasi dengan adanya kegiatan ini dapat lekas tercapai," pungkas dia.



Simak Video "Ngeri! 2 Perempuan Nyaris Terlindas Truk di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA