Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Okt 2021 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tebing Breksi Ubah Desa Sambirejo dari Desa Termiskin Jadi Desa Wisata Rp 1 Miliar

Momen Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi Tebing Breksi
Sandiaga saat mengunjungi Tebing Breksi Foto: Jauh Hari Wawan S
Sleman -

Desa Wisata Dewi Sambi atau Sambirejo menjadi salah satu desa wisata di wilayah Yogyakarta. Lokasinya di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, di sini ada tempat wisata yang terkenal yakni Tebing Breksi.

Desa Sambirejo menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Desa wisata tersebut telah disaring dari jumlah keseluruhan 1831 desa wisata se-Indonesia.

"Saya sangat berbahagia karena, Alhamdulillah Desa Wisata Sambi di Sambirejo, Sleman ini tembus sebagai 50 besar (desa) wisata terbaik. Selamat," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Sambirejo, Jumat (8/10/2021).

Sandi pun berkesempatan mengunjungi Tebing Breksi. Ia juga berkeliling melihat spot-spot di Breksi.

Sandi pun turut mendengar kisah awal mula warga Sambirejo merintis wisata Tebing Breksi.

"Ini cerita benar-benar amazing, success story yang diceritakan tadi dari salah satu desa termiskin di Sleman transformasi menuju desa wisata berpenghasilan Rp 1 miliar lebih PAD murni dan juga sekarang menjadi 50 desa wisata terbaik di Indonesia," ungkapnya.

Sebagai salah satu situs geo heritage yang ada di DIY, Sandi berpesan agar masyarakat ikut menjaga destinasi wisata itu. Ia juga mengingatkan sebagai salah satu destinasi wisata yang diperbolehkan uji coba buka, penerapan protokol kesehatan jangan sampai kendor.

"Penerapan protokol CHSE nya ditingkatkan. Kita sudah sampaikan karantina diturunkan dari 5 hari pada suatu saat wisman juga akan hadir di sini karena kita tidak ingin ini hanya jadi warisan Indonesia tapi Breksi harus menjadi warisan dunia," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Dewi Sambi Mujimin mengatakan awalnya kawasan Tebing Breksi ini merupakan tambang batu kapur. "Kita Sambirejo itu dulu desa termiskin tertinggal di Sleman," kata Mujiono.

Namun, setelah ada penelitian dari Badan Geologi baru diketahui jika Breksi ini merupakan endapan abu vulkanik. Dari situ, kata dia, warga mulai mempersolek Tebing Breksi dan menjadikan destinasi wisata.

Lambat laun, endapan abu vulkanik ini menjadi daya tarik wisatawan dan membuat pendapatan desa meningkat.

"PAD Sambirejo pada 2014 hanya Rp 10 juta per tahun, setelah ada desa wisata salah satunya Tebing Breksi terus meningkat, pada 2019 PAD murni Sambirejo tembus Rp 1 miliar," tegasnya.

Lebih lanjut, Sambirejo memiliki lanskap perbukitan yang dominan. Dewi Sambi atau Sambirejo resmi ditetapkan jadi desa wisata pada 28 Mei 2018. Banyak wisata yang ditawarkan.

Wisata yang bisa dikembangkan dari desa ini berupa Air Terjun Tritis, Goa Nepen, Spot Riyadi, Embung Pandanrejo, Embung Sumberwatu, Arca Gupolo, Arca Ganesha, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Miri dan Candi Dawangsari dan Taman Tebing Breksi. Hasil kerajinan tangannya berupa Batik, Ukiran kayu dan batu, sementara keunikannya berupa Jathilan, Seni Tari, Ketophrak dan Hadhrah.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA