Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Okt 2021 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Mampu Serap Ribuan Naker, Sandiaga Dorong Batik Segera Bangkit

Heri Susanto
detikTravel
Mampu Serap Ribuan Naker, Sandi Dorong Batik Segera Bangkit
Foto: Menparerkaf Sandiaga Uno (Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong ekonomi kreatif bisa tumbuh pasca pandemi. Apalagi, batik mampu membuka 2 ribu lapangan kerja.

Dalam event Batik Nusantara Celebration di Yogyakarta, Sandiaga mengatakan bahwa industri batik tengah kembali menggeliat setelah terdampak COVID-19.

"Batik ini sangat bagus dalam serapan tenaga kerja. Setelah sempat terkena dampak pandemi dengan merumahkan tenaga kerja, saat ini batik kembali bergeliat dengan kembali menyerap 2 ribu tenaga kerja," kata Sandi di Phoenix Hotel, Yogyakarta, Minggu (10/10/2021).

Sandi menjelaskan, batik nusantara sangat kaya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas yang membedakan daerah satu dengan satu lain.

"Batik telah menjadi ciri Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan UNESCO, batik salah satu penopang ekonomi kreatif nusantara," imbuhnya.

Mampu Serap Ribuan Naker, Sandi Dorong Batik Segera BangkitMampu Serap Ribuan Naker, Sandi Dorong Batik Segera Bangkit Foto: (Heri Susanto/detikcom)

Sandi berharap, kerjasama dengan grup Accore grup tersebut bisa diikuti dengan swasta lain. Sehingga, bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

"Mari kita dukung produk ekonomi kreatif lokal agar segera bangkit dari pandemi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga juga berkunjung ke Tebing Breksi di Sleman, DIY. Di kawasan tersebut, dia dibuatkan dua patung figur dirinya oleh seorang pemahat patung.

Sandi kemudian melihat proses pembuatan patung lainnya. Ia kemudian berjongkok di belakang batu dan langsung menjadi modelnya. Eks Wagub DKI itu juga sempat memakaikan masker di patung berbentuk kepala dirinya itu. Sontak orang-orang yang hadir di sana bersorak kegirangan.

Sementara itu, Anto (36) yang memahat patung Sandi mengatakan patung ini merupakan hadiah untuk Menparekraf Sandiaga Uno. Ia membuat 2 versi. Besar dan kecil.

Proses pembuatan patung bisa selesai dalam waktu 3 hari untuk versi kecilnya. Sementara yang besar bisa memakan waktu seminggu.



Simak Video "Dukung Dangdut Masuk UNESCO, Fitri Carlina Bikin Kafe di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA