Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Okt 2021 10:21 WIB

TRAVEL NEWS

10 Aturan Unik di Dunia yang Bikin Terheran-heran, Ada Ya?

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi pekerja Jepang
Foto: (iStock)
Jakarta -

Bak kata pepatah 'dimana bumi berpijak di situ langit dijunjung'. Berikut aturan ya mungkin bagi kita aneh, namun negara ini menerapkan. Sudah tahu?

Salah satu hal yang wajib diketahui para traveler bila ingin berkunjung ke suatu daerah atau negara adalah tradisi dan aturan di sana. Jangan sampai apa yang kita lakukan malah berakibat buruk bagi kita dan juga orang lain.

Berikut detikcom telah merangkum, Rabu (13/10/2021) ragam aturan di dunia yang mungkin akan membuat kamu bertanya-tanya. Tapi, tolong patuhi ya, ini cara kita menghormati tuan rumah dengan tidak membuat gaduh.

1. Dilarang gemuk di Jepang, yang boleh gemuk hanyalah penggulat sumo

Di Jepang ada nama aturan HukumMetabo, dimana aturan ini mengatur ukuran berat badan ideal. Orang Jepang tak boleh lingkar pinggangnya melewati 80 cm untuk usia 40 tahun ke atas. Bag

i warga yang melanggar wajib mereka sesi konsultasi gizi sampai lingkar pinggangnya mengecil.

Dan untuk biayanya ditanggung sendiri oleh yang melebihi batas ini. Bagi yang melanggar nanti juga akan masuk penjara dan didenda. Tak hanya individu, perusahaan tempat dia bekerja juga didenda.

2. Ada wilayah di AS tidak boleh makan ayam goreng dengan alat makan apapun

Aturan ini bisa kamu temukan di Gainesville, AS. Tapi, sebenarnya ini tidak perlu dituliskan dalam aturan sih karena rata-rata memang orang tidak memakai alat bantu makan saat makan goreng ayam, bukan?

Namun bagi kamu yang memang memakai sendok makan apapun, perlu nih mengingat-ingat aturan ini saat makan ayam goreng di Gainesville.

3. Tak boleh berwajah cemberut di Milan, Italia

Semua orang harus bahagia, mungkin ini yang ingin disampaikan oleh aturan di Milan ini. Katanya, wajah cemberut hanya bokeh di acara pemakaman dan berkunjung ke rumah sakit.

4. Tidak boleh memakai sandal di Italia

Di beberapa daerah di Italia ternyata juga mengatur warganya untuk memakai alas kaki yang nyaman. Mereka dilarang mengenakan sandal di taman atau berjalan ke luar rumah. Tapi, menurut traveler ini ribet nggak sih kemana-kemana harus memakai sepatu?

5. Tidak boleh bermain game di Yunani

Adanya aturan dilarang bermain game ini berangkat dari keinginan pemerintah Yunani yang ingin menghentikan perjudian ilegal pada tahun 2002. Awalnya untuk pengunjung warnet, sekarang di komputer sendiripun akan dikenakan sanksi juga

6. Ada hukuman juga untuk orang meninggal di Prancis

Siapa bilang setelah meninggal tidak akan dijerat hukum? Di kota Sarpourenx, Prancis jika ada yang meninggal dan ingin dimakamkan harus booking tempat dulu lho di pemakaman. Jika tidak memesan dia akan dihukum berat. Lho, gimana cara menghukum orang mati?

7. Karakter Winnie the Pooh dilarang ada di taman Polandia

Siapa yang tak tahu karakter gemas Winnie the Pooh? Karakter favorit anak-anak ini gampang sekali di temukan di taman bermain. Namun di Tuszyn, Polandia karakter ini tak boleh dijadikan maskot.

Penasaran kan alasan dewan Polandia melarang? Karena Winnie the Pooh setengah telanjang alias tidak mengenakan celana. Ini diangggap tak sopan.

8. Dilarang mengunyah permen karet di Singapura

Mengunyah permen karet memang menyenangkan, apalagi bila berhasil membuat gelembung saat mengunyahnya, bukan? Namun di Singapura ini dilarang lho.

Hanya orang-orang dengan alasan medis dan diresepkan dokter yang boleh mengunyah permen karet. Tapi seiringnya waktu, aturan mulai longgar dengan mengizinkan orang-orang membawa jumlah kecil untuk penggunaan pribadi. Namun bila kamu meludah sembarangan di tempat umum, ada denda yang menunggu.


9. Memberi makan merpati di Venesia

Ternyata tak boleh memberi makan merpati yang ada di kawasan St. Mark's Square, Venesia. Bukan tanpa alasan, karena merpati dapat merusak patung marmer dan bangunan di sana karena patukannnya. Yang melangar akan didenda sekitar Rp 12 juta.

10. Tak boleh bertato Buddha di Sri Lanka

Sikap terhadap Buddha adalah hal yang sensitif di Sri Lanka. Turis disarankan tidak berpose atau mengambil foto di depan patung Buddha. Juga aturan ini mengatakan tak boleh menato Buddha di tubuh.



Simak Video "Unik! Pasangan Pengantin di Polman Ini Diarak Pakai Gerobak Dorong"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA