Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 15:37 WIB

TRAVEL NEWS

Sleman Buka Wisata Lereng Merapi dan Candi, Ini Daftarnya

Candi Ijo di Sleman
Candi Ijo, Sleman, Yogyakarta (Foto: Andik Setiawan/d'traveler)
Sleman -

Sleman membuka kembali objek wisata di lereng Merapi dan wisata candi. Berikut ini daftarnya.

"Yang dibuka destinasi wisata yang memiliki QR Code aplikasi PeduliLindungi dari Kemenkes RI dan bersertifikat CHSE dari Kemenparekraf," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Ia menjelaskan di Sleman, beberapa obyek wisata seperti Tebing Breksi, Merapi Park, dan Candi Ratu Boko telah uji coba buka. Dengan turunnya level PPKM obyek wisata yang dibuka pun bertambah.

"Destinasi wisata kawasan wilayah Kaliurang sudah memiliki OR Code PeduliLindungi Kemenkes RI dan bersertifikat CHSE," katanya.

Selain kawasan wisata Kaliurang, Dispar Sleman juga membuka wisata kawasan Kaliadem, Cangkringan, mulai besok. Untuk sementara jalur masuk kawasan Kaliadem melalui Desa Kepuharjo yang telah memiliki QR Code PeduliLindungi.

"Destinasi wisata kawasan Kaliadem, Cangkringan untuk pintu masuk Umbulharjo dan Glagaharjo masih dalam proses permohonan QR Code PeduliLindungi. Sedangkan di pintu masuk Kepuharjo sudah memiliki QR Code," jelasnya.

Selain 2 kawasan wisata di lereng Merapi, dinas juga membuka wisata candi yang ada di Sleman.

"Destinasi wisata Candi Ijo, Candi Banyunibo dan Candi Sambisan telah bersertifikat CHSE dan QR Code PeduliLindungi Kemenkes RI dan segera dibuka kembali," katanya.

Suparmono bilang, pihaknya akan secara pararel membuka destinasi wisata. Agar tidak ada ketimpangan sosial di masyarakat.

"Untuk meminimalisir ketimpangan sosial di masyarakat destinasi wisata akan dibuka secara paralel dengan proses kelengkapan QR Code PeduliLindungi," pungkasnya.

Keputusan untuk membuka destinasi wisata ini berdasarkan Instruksi Gubemur Nomor 31/INSTR/2021 tentang Permberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 Daerah Istimewa Yogyakarta dan Instruksi Bupati Nomor 33/INSTR/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Sleman. Seperti diketahui saat ini di Sleman sudah PPKM Level 2 dan sudah ada beberapa pelonggaran di beberapa sektor termasuk wisata.



Simak Video "Suasana Yogyakarta yang Mulai Alami Peningkatan Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA