Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Okt 2021 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mengunjungi Rumah Arca Boyolali, Ada Benda Purbakala dari Mataram Hindu

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Boyolali -

Rumah Arca Boyolali menyimpan ratusan benda purbakala. Berbagai arca itu bisa menjadi bukti peradaban manusia di wilayah Boyolali pada jaman Mataram Hindu.

"Disini di rumah arca Boyolali ini koleksinya ada 272 arca. Kemudian yang ditempatkan di museum (R. Hamong Wardoyo Boyolali) ada belasan," kata Joko Santoso, juru pelihara Rumah Arca Boyolali, Sabtu (30/10/2021).

Rumah Arca Boyolali berlokasi di samping rumah dinas Bupati Boyolali, jalan Merbabu. Di kompleks itu juga terdapat taman bermain dan kebun binatang mini.

Rumah arca ini juga sempat ditutup atau tidak menerima pengunjung, saat diberlakukan PPKM level 3 lalu. Namun, setelah PPKM turun level dan kegiatan pariwisata diperbolehkan buka, kini Rumah Arca Boyolali juga dibuka lagi.

Masyarakat pun bisa mengunjunginya untuk melihat peninggalan sejarah peradaban manusia di Boyolali tempo dulu tersebut. Dijelaskan Joko Santoso, benda-benda purbakala yang disimpan di rumah arca ini berasal dari temuan di wilayah Kabupaten Boyolali sendiri. Dikumpulkan dari semua temuan benda purbakala di Boyolali, kemudian yang bisa diangkat disimpan di tempat tersebut.

"Di Boyolali juga ada sejumlah situs, seperti Candi Sari, Candi Lawang dan di Cabean Kunti juga ada," ujar Joko.

Rumah Arca BoyolaliRumah Arca Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Ada berbagai macam arca. Namun paling banyak yakni Nandi yang berupa patung sapi dan Yoni yang melambangkan kesuburan. Kemudian ada juga sejumlah patung Siwa dan Ganesha.

"Ganesha dan yoni yang besar itu ditemukan di Musuk," jelas Joko.

Ada pula dari bagian-bagian batu candi. Lalu, bata merah berukuran besar-besar dan lain-lain. Setiap arca diberi nomor untuk pendataan.

"Ini diperkirakan dari jaman Mataram Hindu," terang dia.

Sayangnya, arca-arca disini banyak yang sudah tidak utuh lagi. Sebagian ada bagian yang sudah rusak atau patah. Kerusakan itu diketahui sudah sejak ditemukan.

"Sejak ditemukan kondisinya sudah seperti itu (tidak utuh)," imbuhnya.

Tidak semua arca yang disimpan disini sudah jadi. Namun ada juga yang masih setengah jadi, tapi sudah berbentuk. Seperti terlihat pada beberapa patung Nandi. Meski demikian, arca-arca di tempat ini terawat dengan baik.

Arca-arca terlihat bersih. Masyarakat umum bisa masuk mengunjungi Rumah Arca Boyolali ini secara gratis.

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA