Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Nov 2021 06:44 WIB

TRAVEL NEWS

Toserba Jepang Naik Level, Pekerjanya Saja Pakai Robot

Syanti Mustika
detikTravel
Para Siswa di Jepang Bikin Petisi Ubah Nama Family Mart Jadi Diner Mom
Ilustrasi Family Mart Foto: soranews
Tokyo -

Inovasi baru dilakukan salah satu toserba terkenal di Jepang. Mereka menggunakan robot untuk merapikan toko dan barang dagangan mereka. Canggih!

Diberitakan SoraNews, Senin (8/11/2021) toserba Jepang, Family Mart menghadirkan inovasi baru untuk mengatur stok barang di rak tokonya. Mereka menggunakan robot.

Semakin hari bisnis toserba Family Mart semakin berkembang dan melek teknologi. Perlahan banyak yang mulai menggantikan peran kasir dengan robot. Toko juga mulai mengganti sistemnya sehingga tidak perlu merekrut banyak tenaga manusia lagi.

Terbaru ini adalah dari Family Mart dan Telexistence telah mengumumkan bahwa robot pertama telah dipasang di Family Mart di gedung Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri di Tokyo. Robot ini mulai bertugas pada 2 November dalam sebuah pembukaan yang dihadiri oleh pers.

[Gambas:Youtube]



Sekedar informasi untuk kamu, tahun lalu Family Mart dan perusahaan robot Telexistence telah mencoba robot yang disebut Model-T. Robot ini diujicobakan melalui jarak jauh melalui VR untuk menyimpan minuman.

Dari percobaan ini yang membuat terkagum adalah robot ini terlihat keren seperti di dalam film. Robot dengan lengan ini memindahkan minuman enggan menggenggam botol dari rak stok lalu memindahkannya ke rak pajangan.

Jika tahun lalu harus dikendalikan dengan VR, robot dengan nama TXScara memiliki sensor dimana dia bisa memantau dan mengidentifikasi stok minuman lalu mengisinya.

[Gambas:Youtube]



Walau kecanggihannya membuat kagum, namun tetap saja ada pro dan kontra penggunaan robot ini. Terkesan robot bekerja lambat dan dia hanya bisa melakukan satu pekerjaan saja.

Namun, tetap saja dengan kehadiran robot ini dianggap sebagai bentuk hiburan bahwa ada kemungkinan robot mampu mengerjakan pekerjaan manusia. Robot juga bisa solusi bagi toko-toko yang kekurangan tenaga kerja. Lumayan menghemat pembayaran gaji manusia katanya.



Simak Video "Ada Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang, Ini Syarat dan Fasilitasnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA