Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Nov 2021 14:03 WIB

TRAVEL NEWS

Gaya Hidup Sorong Seperti di Jakarta

Kota Sorong, Papua Barat dikenal sebagai Kota Minyak. Begini keindahan Sorong dari udara.
Pemandangan Kota Sorong dari udara Foto: Agung Pambudhy
Sorong -

Kota Sorong, Papua Barat sudah seperti kota-kota lain di Indonesia. Meski ada di Indonesia bagian timur, ada yang menyebut bahwa gaya hidupnya sudah seperti di Jakarta.

Ungkapan itu dikatakan oleh salah seorang yang menyewakan mobil, Agustian (23). Ia sudah delapan tahun tinggal di Sorong dan menyebut bahwa harga beberapa komoditi masih terbilang mahal di sana.

Ini adalah cerita dari keluarga transmigran yang kini tinggal di Kota Sorong, Papua Barat. Mereka berasal dari Lampung, namun kakek buyutnya berasal dari Kebumen, Jawa Tengah.Kota Sorong, Papua Barat Foto: Ahmad Masaul

"Harga di sini memang masih tinggi. Istilahnya kalau gaya hidup di sini hampir imbang dengan Jakarta," kata Agus saat berbincang dengan detikTravel beberapa waktu lalu di Kota Sorong.

Sebagai seorang pekerja di sektor pariwisata, Agus bercerita mengenai perjuangan selama awal-awal pandemi COVID-19. Saat itu, tak ada tamu dari luar Pulau Papua dan ia kembali fokus membantu orang tua bertani cabai keriting.

"Awal-awal rental itu sudah pandemi. Karena di-lockdown semua otomatis tak ada lagi tamu dari luar," kata dia.

"Lalu kita ngandelin orang dalam. Orang dalam juga kena sekat di sana-sini dulu," imbuh dia.

Kota Sorong, Papua Barat dikenal sebagai Kota Minyak. Begini keindahan Sorong dari udara.Kota Sorong, Papua Barat dikenal sebagai Kota Minyak. Begini keindahan Sorong dari udara. Foto: Agung Pambudhy

"Kita dari kota mau ke kabupaten dihadang lagi di perbatasan. Nggak ada pemasukan lagi dan sepi. Balik lagi ke tani," terang Agus.

Ini adalah cerita dari keluarga transmigran yang kini tinggal di Kota Sorong, Papua Barat. Mereka berasal dari Lampung, namun kakek buyutnya berasal dari Kebumen, Jawa Tengah.Ini adalah cerita dari keluarga transmigran yang kini tinggal di Kota Sorong, Papua Barat. Agustian berasal dari Lampung, namun kakek buyutnya berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Foto: Ahmad Masaul


Simak Video "Jokowi Minta Papua Barat Jadi Produsen Pertanian Pertama di Indonesia Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA