Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 11:13 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Depok! Belanda Mau Bikin Wisata Sejarah Nih

Salah satu gedung peninggalan Belanda di Jalan Jalan Pemuda Depok
Jalan Pemuda Depok Foto: Google
Depok -

Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia mengunjungi Depok. Mereka ingin bekerja sama mengembangkan wisata sejarah di Depok.

Depok memiliki banyak peninggalan sejarah Belanda yang memiliki peluang untuk dibangunnya Kawasan Heritage Depok Lama.

Kunjungan Kedubes Belanda itu diterima oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok.

Kedatangan Kedubes Belanda, Kamis (11/11/2021) itu dimaksudkan untuk melihat peninggalan sejarah Belanda yang ada di kawasan Jalan Pemuda, Depok Lama, Kecamatan Pancoran Mas.

"Kami sangat senang, karena banyak gedung-gedung dan bangunan peninggalan zaman dahulu, yang saat ini dapat dimanfaatkan untuk wisata sejarah Belanda," Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns seperti dikutip dari situs Pemkot Depok.

Menurut Lambert Grinjs, pihaknya siap berkontribusi untuk membangun kawasan Heritage Depok Lama. Kerja sama pun akan diberikan dalam bidang penelitian dan kebudayaan. Juga menjalin koneksi dengan orang-orang di Belanda untuk pembangunan wisata sejarah Belanda tersebut.

"Mudah-mudahan rencana ini dapat terealisasi, sehingga masyarakat di Kota Depok dapat bangga karena memiliki tempat khusus yang dapat dimanfaatkan untuk wisata sejarah Belanda," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disporyata Kota Depok, Dadan Rustandi menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sangat perhatian terhadap kebudayaan dan peninggalan sejarah. Wilayah Jalan Pemuda, Depok Lama tersebut merupakan salah satu ikon peninggalan sejarah Belanda di Kota Depok.

Lanjut Dadan, kini rencana pembangunan kawasan Heritage Depok Lama sedang berjalan. Pihaknya melakukan kajian dan penelitian untuk selanjutnya bisa dijadikan kawasan wisata sejarah Belanda.

"Pembangunan kawasan Heritage Depok Lama ini perlu dikaji dan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar," tambahnya.

Untuk itu, Pemkot Depok akan terus berkolaborasi bersama Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Republik Indonesia dan Universitas Indonesia agar rencana pembangunan kawasan Heritage Depok Lama dapat terlaksana.

Di Jalan Pemuda, Depok ada gedung peninggalan Belanda seperti gedung Yayasan Lembaga Cornelis Charatelein (YLCC). Bangunan tersebut nampak masih terpelihara baik.

Lihat juga video 'Masjid Cipari, Saksi Bisu Sejarah Islam di Nusantara Sejak 1930-an':

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA