Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Nov 2021 09:21 WIB

TRAVEL NEWS

Kerennya Pertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark dari Tanaman Kering

Dibalik Pertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman Kering
Foto: (Seth Wenig/AP)
New York -

Traveler tahu? Ada pertunjukan yang begitu menarik berkonsep miniatur landmark New York dan kereta wisata yang terbuat dari tanaman kering. Uniknya pertunjukan itu sudah digelar sejak tahun 1992.

Pertunjukan tersebut pun sudah menjadi tradisi di banyak kota. Ada kombinasi model kereta api dan model bangunan terkenal dibuat dari daun, ranting dan tanaman kering lainnya. Tentunya, membutuhkan ketelitian tinggi dalam mempersiapkan pertunjukan, bahkan bisa memakan waktu berjam-jam.

"Ini ajaib, karena orang suka membayangkan diri mereka di lanskap kecil ini, dengan pajangan tanaman hijau yang menyembunyikan elemen aneh di sekitar model kereta api dan struktur hiasan," kata Wakil Presiden pameran dan keterlibatan publik di New York Botanical Garden, Karen Daubmann melansir AP News.

Untuk tahun ini, pertunjukan menampilkan lebih dari 175 model landmark New York dan lebih dari 25 model kereta api yang berbeda. Pertunjukan digelar pada 20 November 2021 hingga 23 Januari 2022.

Dibalik Pertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman KeringPertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman Kering Foto: (Seth Wenig/AP)

Berawal pada 40 tahun lalu, arsitek lanskap Ohio, Paul Busse menaruh minat yang unik untuk kereta api, arsitektur dan taman publik. Dia bahkan mendirikan pameran kereta api di sebuah taman di Ohio State Fair pada tahun 1982.

Lalu, sepanjang tahun 1980-an, Busse mengembangkan struktur fantasinya yang terkenal dihiasi dengan bahan dari tanaman kering. 'Arsitektur Botani' begitu dia menyebutnya, beserta model set up keretanya ditampilkan dalam pameran taman terkemuka, terutama di Midwest.

Dibalik Pertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman KeringPertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman Kering Foto: (Seth Wenig/AP)

Nah, pada tahun 1992, New York Botanical Garden terinspirasi oleh konsep yang dimiliki Busse dan mencari cara untuk menarik wisatawan di musim dingin. Busse dengan tim pun diundang untuk membuat 'Pertunjukan Kereta Wisata'.

"Tahun pertama itu hanya menampilkan beberapa rel kereta api dan beberapa model landmark New York, tapi itu sangat sukses sehingga menjadi tradisi tahunan dengan beberapa landmark baru ditambahkan setiap tahun," kata Daubmann.

Pertunjukan kereta bertema liburan serupa yang menampilkan karya keluarga Busse dan tim mereka muncul di kebun raya dan berbagai tempat di seluruh negeri, misalnya Franklin Park Consevatory and Botanical Gardens di Colombus Ohio, Kebun Raya Amerika Serikat di Washington, Konservatorium Kroh di Cincinnati hingga Museum Eiteljorg di Indiapolis.

"Kami memiliki segalanya mulai dari stik dengan warna dan tekstur berbeda hingga jamur rak hingga sederet buah pinus yang sangat banyak. Anda tidak dapat membayangkan berapa banyak jenis buah pinus di luar sana," kata putri Busse, Laura Busse Dolan yang memimpin perusahaan Busse Applied Imagination, Lyd lima tahun lalu.

Dalam mempersiapkan pameran, tim Applied Imagination melakukan perjalanan di bulan Oktober hingga Thanksgiving. Beberapa petugas membuat bangunan model dan lainnya mengerjakan jembatan dan terowongan kecil. Tahun ini mereka mengadakan sembilan pertunjukan liburan yang sebagian besar di kebun raya.

"Kami sekarang menghindari penggunaan beri kering atau biji ek dalam struktur kami karena terlalu bisa dimakan. Makhluk-makhluk kecil menggigitnya saat potongan-potongan itu disimpan," kata Dolan.

Dibalik Pertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman KeringDibalik Pertunjukan Miniatur di New York, Ada Landmark yang dibuat dari Tanaman Kering Foto: (Seth Wenig/AP)

Model yang menonjol di pameran The New York Botanical di antaranya One World Trade Center, Museum Solomon R, Guggenheum yang sebagian terbuat dari jamu rak, patung liberti, teater apollo hingga Pulau Coney.

"Rata-rata kami membuat sekitar 50 struktur per tahun untuk berbagai lokasi," kata Dolan.

"Saya akan mengatakan bahwa kami telah menghasilkan 2.000 hingga 3.000 total selama keberadaan kami," tambahnya.

"Yang lebih kecil memakan waktu sekitar 250 jam. Yang terbesar dari kami, replika Biltmore Esrtate setinggi 11 kaki di Asheville, Carolina Utara membutuhkan waktu hampir 3.000 jam. Itu dipajang di Biltmore Estate selama liburan tahun ini," ungkap Dolan.

Pertunjukan yang digelar di New York meminta pengunjung untuk menunjukkan bukti vaksinasi dan kartu identitas berfoto. Tak ada kebijakan pemakaian masker di dalam ruangan taman.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT