Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Nov 2021 20:41 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Miliki Hanggar Tiup Terbesar di Dunia

Hanggar tiup di Arab Saudi
Hanggar tiup di Arab Saudi (Foto: CNN)
Riyadh -

Arab Saudi kini miliki hanggar pesawat tiup terbesar di dunia. Hanya perlu hitungan jam untuk membangun fasilitas ini.

Melansir CNN, Rabu (17/11/2021), infrastruktur bandara bisa memakan waktu yang sangat lama untuk dibangun. Lihat saja Bandara Brandenburg Berlin yang baru saja beroperasi setelah proses pembangunan selama puluhan tahun karena kesalahan teknis.

Bahkan ketika semuanya berjalan lancar, fasilitas yang relatif sederhana, seperti hanggar, dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk dibangun dan siap dioperasikan.

Beruntung bagi bandara-bandara yang menghadapi kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas dalam waktu singkat. Bahan bangunan saat ini tidak lagi terbatas hanya pada batu bata dan besi-baja tradisional.

Skema pembangunan pesawat balon udara tidak hanya berhenti di situ. Fleksibilitas dan kelenturannya bisa diaplikasikan dalam berbagai alat kedirgantaraan.

Inilah hanggar tiup terbesar di dunia

Di Arab Saudi, di seberang terminal utama Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah ada struktur putih besar yang begitu tinggi. Bahkan, hanggar ini membuat pesawat jumbo yang diparkir di dekatnya jadi tampak kecil.

Hanggar tiup terbesar di dunia ini dibangun pada tahun 2019 oleh Buildair, sebuah perusahaan yang berbasis di Barcelona. Mereka telah membangun fasilitas serupa dengan ukuran berbeda di beberapa bandara lain di Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Buildair bagian dari sekelompok kecil perusahaan, termasuk J.B. Roche Irlandia, Aviatech UEA, dan Aviastroy Rusia, yang mampu menerapkan struktur tiup sesuai permintaan. Perusahaan ini telah menemukan ceruk khusus di pasar untuk penyediaan struktur tiup yang sangat besar.

Hanggar tiup di Arab SaudiHanggar tiup di Arab Saudi (Foto: CNN)

Contohnya adalah hanggar di Jeddah. Fasilitas ini digunakan oleh maskapai Saudi untuk kamar perawatan bagi pesawat komersial.

Dengan panjang bersih 81 meter (ruang yang dapat digunakan tidak termasuk dinding), lebar 75 meter dan tinggi 25,5 meter, fasilitas ini mampu melindungi pesawat hingga ukuran Boeing 787 atau Airbus A330.

Rekor itu juga dapat segera dilampaui, karena perusahaan telah merancang yang lebih besar yang mampu menampung pesawat penumpang terbesar di dunia.

"Kami sedang berbicara dengan operator A380 besar yang tertarik dengan teknologi ini," Jordi Pirretas, pendiri dan direktur pelaksana Buildair.

Selanjutnya, teknologi eksklusif dan perakitan instan >>>

Teknologi eksklusif

Hanggar tiup yang bergaris ini mengingatkan kita pada maskot ban Michelin, "Bibendum". Karena strukturnya terbuat dari tabung serat tiup yang dilapisi lapisan PVC.

Udara dihembuskan dari kedua ujung tabung untuk mengembangnya dan menjaga tekanan udara pada tingkat yang diinginkan secara terus menerus (tekanan di dalam tabung terus dipantau oleh sistem kontrol otomatis).

Jika Anda pernah menggunakan kasur tiup, Anda mungkin memperhatikan bahwa tekanan udara biasanya turun sedikit demi sedikit seiring waktu karena bocor halus. Volume udara juga berubah mengikuti suhu di sekitarnya.

Untuk mencegah hal ini, Buildair telah mengembangkan teknologi eksklusif, yang disebut AIRTIGHT. Sistem itu mampu menyegel struktur dan menahannya tanpa harus terus-menerus memompa udara ke dalam tabung.

Properti yang menguntungkan dari hanggar tiup ini adalah, tidak seperti batu bata dan lainnya, frekuensi radio bisa lewat dengan mudah. Seolah-olah bangunan itu transparan dan tidak akan ada banyak kendala mengenai persinyalan.

Udara di dalam tabung bertindak sebagai isolator, menciptakan ruang udara antara dinding luar dan dalam yang lebarnya bisa berjarak beberapa meter. Hangar Jeddah misalnya, memiliki ruang udara 7,5 meter, sehingga orang bisa masuk ke dalam setiap saat dan di semua iklim.

Interiornya dilengkapi dengan pencahayaan, kontrol iklim dan sistem proteksi kebakaran, sama seperti fasilitas konvensional.

Struktur hanggar tiup ini tidak permanen. Jadi, tidak seperti hanggar tradisional, mereka perlu diganti di beberapa titik. Namun, hanggar tiup dapat tetap di tempatnya selama bertahun-tahun.

Bahkan jika dinding luar menunjukkan tanda-tanda keausan karena paparan cuaca dan sinar matahari yang konstan, mereka dapat diganti sedikit demi sedikit. Jadi struktur keseluruhan tetap berada di tempatnya.

Dirakit dalam hitungan jam

Keuntungan utama pembangunan hanggar tiup adalah hanya memakan waktu kurang dari tiga bulan dari tahap perencanaan awal hingga mulai beroperasi. Perakitan bangunannya itu sendiri dapat diselesaikan dalam hitungan jam.

Bonus lainnya adalah tidak ada kaitan yang harus digali untuk memasangnya. Struktur hanggar tiup dapat menempel pada balok beton dan dapat dibongkar tanpa meninggalkan jejak permanen.

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA