Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Nov 2021 10:39 WIB

TRAVEL NEWS

Meriahnya Semarang Night Carnival yang Digelar saat Pandemi

Semarang Night Carnival 2021
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Semarang Night Carnival (SNC) 2021 akhirnya digelar di tengah pandemi. Meski digelar dengan pembatasan dan juga luring, acara tetap berlangsung meriah dan megah.

Bertempat di GOR Jatidiri Kota Semarang, acara hanya dihadiri sejumlah warga dan juga undangan. Protokol kesehatan diatur ketat termasuk jarak tempat duduk dan pemakaian masker yang terus dipantau.

Acara dibuka dengan paduan suara dari Unnes dan tarian kolosal berpadu dengan komunitas sepatu roda yang ikut beraksi di tengah acara. Tarian kolosal Ramayana pun memukau penonton yang hadir. Untuk diketahui, acara ini juga disiarkan langsung lewat channel youtube Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

SNC Kali ini mengusung tema "Kemilau Nusantara" yang akan mengangkat 5 kostum yang terinspirasi dari 5 Destinasi Super Prioritas yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo yaitu Danau Toba Sumatra Utara, Borobudur Jawa Tengah, Labuan Bajo NTT, Mandalika NTB, dan Likupan Sulawesi Utara.

"Gelaran ke 10 ini, yg biasanya diarak di jalan, kita mulai dengan spirit baru untuk hidupkan lagi pariwisata di Kota Semarang," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat membuka acara, Rabu (17/11/2021) malam.

Setelah penampilan marchingband dari Univeristas Maritim Amni Semarang, acara inti dimulai dengan menampilkan defile peserta SNC yang memakai kostum megah dengan tema dari 5 destinasi super prioritas secara bersamaan.

Acara kemudian masih dilanjut dengan penampilan kostum secara berkelompok sesuai dengan destinasi prioritas masing-masing diiringi lagu daerahnya. Diawali dengan tema danau Toba yang khas dengan kain Ulos, kemudian dilanjut kostum bertema Labuan Bajo dengan kostum bertema komodo.

Berlanjut kostum yang ditampilkan adalah khas Mandalika dengan menampilkan kekayaan alam dan budayanya. Kemudian kostum bertema Likupang tampil dengan penampilan khas laut karena Likupang dikenal dengan wisata baharinya.

Terakhir, dari Jawa Tengah, Kostum dengan tema Candi Borobudur disuguhkan oleh para peserta. Seluruh peserta yang terdiri dari pelajaran dan umum itu menampilkan kostum yang sangat meriah. Mereka kemudian diberi penilaian dan dipilih pemenang sesuai kategori.

Acara tersebut selain dihadiri pejabat Pemkot Semarang, juga dihadiri Deputi Bidang Produksi Wisata dan Pengelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf RI, Riski Handayani. Kemudian ada juga Bima Arya selaku Wali Kota Bogor sekaligus Ketua Apeksi. Ada juga Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik karena saat ini Kota Semarang memang bebarengan menjadi tuan rumah Festival HAM. Sementara itu Gubernur Jateng diwakili Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Sinoeng Rachmadi.

"Beliau (Menparekraf, Sandiaga Uno) titip salam ke warga Kota Semarang. Beliau menyampaikan penyelengggaraan event merupakan titik balik. Sangat menyambut SNC ini. Diharapkan dengan inovasi dan adaptasi event bisa berlangsung kembali," kata Riski Handayani mewakili Menparekraf.



Simak Video "Gemerlap Pesta Kostum 'Semarang Night Carnival' di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA