Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Nov 2021 13:19 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungi Mentawai, Menhub Targetkan Bandara Rokot Selesai Agustus 2022

Jeka Kampai
detikTravel
Menhub meninjau pembangunan Bandara Rokot
Foto: dok. Kementerian Perhubungan
Mentawai -

Kementerian Perhubungan menargetkan proses perbaikan dan pengembangan Bandara Rokot di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat bisa selesai Agustus 2022 mendatang.

Hadirnya Bandara Rokot dengan wajah baru diharapkan bisa menopang kawasan wisata di daerah tersebut, yang pada gilirannya berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Saya gembira sekali akhirnya saya sampai ke Mentawai yang terkenal ini. Mentawai merupakan daerah terluar perbatasan yang memang membanggakan untuk tourism-nya krn banyak sekali kegiatan turis yang ada disini," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi sarana dan prasarana di Bandar Udara Rokot Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Sabtu (20/11/2021).

Menhub dan rombongan datang ke Mentawai dengan Helikopter Bell-429. Di Bandara Rokot, ia menerima penjelasan dan meninjau langsung beberapa fasilitas pendung pengembangan bandara.

"Kami sebagai Menhub ditugaskan presiden untuk mendukung terjadinya konektivitas ke daerah terluar perbatasan dan juga harus membantu pariwisata," tambah Budi.

"Kita targetkan 2022 Agustau selesai. Insya Allah kita mengundang Presiden kesini, karena disini ada Trans Mentawai yang sudah ada di bandara ini, membuat Mentawai menjadi suatu daerah tujuan wisata yg luar biasa," katanya lagi.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet meminta Menhub untuk membantu menghubungkan pulau-pulau yang ada di Mentawai. Kata Yudas, kondisi di Mentawai masih terkotak-kotak antara satu pulau dengan pulau yang lain.

"Jadi kita mau gabungkan ini menjadi suatu pulau mentawai satu kabupaten yg tersentral disini. Dengan adanya bandara ini kami akan terlepas dari 3T karena satu-satunya di Sumbar yang masih berjuang terlepas dari 3T," kata Bupati Yudas.

Menjawab permintaan tersebut, Menhub menyebut akan menyediakan Kapal Roro mulai tahun depan, untuk menghubungkan Siberut-Sipora dan Pagai.

"Nanti yang dari Sipora ke Pagai kita adakan 2023 supaya masyarakat senang, wisatawan juga senang dan kita juga membuat mentawai yang merupakan perbatasan ini maju," kata Menhub Budi.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengaku bahagia dengan kehadiran Menhub di Mengawai.

"Kalau saya pribadi bahagia sekali. Tadi saya mendengarkan paparan Pak Menhub, yang benar-benar mem-push agar bandara Mentawai baru ini selesai lebih cepat dari schedule nya. Ini betul-betul membantu Mentawai yang backbone nya pariwisata, sekarang agak terpuruk karena mentawai mengandalkan turis asing," kata Audy.

Ia optimis, selesainya pengembangan Bandara Rokot akan membuat pariwisata bangkit.

"Dengan selesainya nanti bulan Agustus, kita optimis bisa bangkit," tambah dia.



Simak Video "Catat! Aturan Lengkap Naik Kereta Api Saat Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA