Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 23 Nov 2021 18:35 WIB

TRAVEL NEWS

Usai WSBK Mandalika, Puluhan Polisi Tetap Pelototi Prokes Wisata Lombok

Penggemar Super Bike mulai berdatangan di Bandara Lombok untuk menyaksikan World Super Bike Mandalika 19-21 November 2021 mendatang.
Turis ke Lombok (Foto: AHMAD_SUBAIDI/Antara)
Jakarta -

Usai gelaran WSBK Mandalika, sebanyak 30 hingga 40 polisi dikerahkan ke tiap kawasan wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tugas mereka adalah mengawasi perilaku wisatawan agar tetap sesuai protokol kesehatan.

"Lokasi wisata di sekitar Sirkuit Kuta Mandalika jadi incaran. Jadi sebagai langkah preventif, kami mengerahkan pasukan dengan jumlah bervariasi, 30 sampai 40 polisi di satu area wisata untuk patroli penegakan prokes," kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto pada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Artanto menyampaikan para personel telah di-briefing untuk menegakkan prokes dengan humanis. Artanto menyebut personel yang berjaga juga dibekali masker.

"Jadi bilamana menemukan masyarakat tanpa masker langsung di tegur humanis dan diberi masker oleh petugas," ucap Artanto.

Artanto menuturkan banyaknya jumlah wisatawan masih dapat terawasi. Petugas juga melakukan patroli bergantian dengan menyerukan imbauan prokes melalui toa jinjing.

"Jumlah wisatawan banyak, namun bisa terawasi. Kita gunakan pengeras suara mobile milik Polri, toa jinjing, speaker di mobil untuk ingatkan pengunjung agar taat prokes dan jaga keamanan saat berwisata," tutur Artanto.

Sebelumnya diberitakan sebagian besar penonton tidak langsung pulang kendati WSBK Mandalika usai. Mereka melanjutkan agenda di Lombok dengan menuju tempat-tempat wisata.

Polisi pariwisata, dengan seragam khususnya, disiapkan untuk melayani wisatawan sembari memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka. Selain itu mereka juga dibekali dengan wejangan agar tetap humanis.

Selanjutnya, jumlah kenaikan turis ke Lombok >>>

Jumlah turis lewat Bandara Lombok naik

Humas Bandara Internasional Lombok, Arif Harianto mengatakan jumlah penumpang dari dan menuju Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah semakin hari semakin meningkat.

Jumlah penumpang di bandara naik 44% dari sebelumnya, lonjakan penumpang tersebut membuat petugas Polisi Bandara pun turut serta berjibaku memberikan pelayanan keamanan kepada penumpang.

Menurut catatan bandara, Kamis (18/11) lalu ada 5.757 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional ZAM Lombok, yang berangkat 3.449 yang tiba 2.308, sebelumnya penumpang yang datang dan pergi kurang lebih berjumlah 4000.

"Mulai Kamis lalu ada kenaikan penumpang di bandara sekitar 44% dibandingkan sebelum ada IATC dan WSBK," kata dia.

Sementara pada Jumat (19/11), penumpang yang tiba di Bandara Lombok mencapai 4.241, penumpang yang berangkat ada 2.084. Sehingga total penumpang ada 6.325 orang.

"Pesawat yang tiba ada 32, pesawat yang berangkat ada 31. Dengan jumlah keseluruhan mencapai 63 pesawat," dia menjelaskan.

Sementara pada Sabtu (20/11) tercatat 2.916 penumpang yang tiba di Bandara Lombok. Begitu juga dengan penumpang yang berangkat yang mencapai 2.479 orang. Tercatat terdapat 5.395 penumpang keseluruhan dari 24 pesawat yang tiba dan 24 pesawat yang berangkat.

"Tanggal 19 November merupakan puncak kedatangan penumpang di Bandara Lombok dengan 4.241 penumpang yang tiba dalam rangka event WSBK Mandalika," kata dia.



Simak Video "Hari Kedua WSBK, Kapolda NTB Ungkap Dua Fokus Pengamanan TNI-Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA