Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 29 Nov 2021 19:06 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungan Wisman Meningkat, Mayoritas Asal Timor Leste dan Malaysia

Putu Intan
detikTravel
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia meningkat selama dua bulan terakhir. Paling banyak dari negara tetangga, yakni Timor Leste dan Malaysia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Senin (29/11/2021) menyampaikan jumlah wisatawan mancanegara di bulan September naik sebesar 1,41 persen dibandingkan di bulan Agustus. "Ada 126 ribu kunjungan wisatawan mancanegara mayoritas dari Timor Leste dan Malaysia. Umumnya pelintas batas," katanya.

"Walaupun meningkatnya tidak terlalu signifikan, kami bisa melihat Oktober peningkatannya juga lebih tinggi. Dan ini didukung kunjungan wisatawan nusantara yang juga meningkat terutama ke Bali," ujarnya lagi.

Namun tren positif ini harus menemui tantangan karena kemunculan virus Corona varian Omicron dari Afrika Selatan. Tak mau kecolongan seperti varian Delta, Sandiaga mengatakan kali ini pemerintah akan mengevaluasi pembukaan gerbang untuk wisatawan mancanegara.

"Untuk menghindari lonjakan kasus baru maka pemerintah melakukan beberapa kebijakan, salah satunya pembaruan daftar negara. Evaluasi pembukaan untuk wisatawan mancanegara akan dikoordinasikan dengan Kemenko Marves dan Kemenlu," kata dia.

Beberapa kebijakan yang akan dibicarakan adalah mengenai pembaruan daftar negara yang boleh masuk Indonesia, masa karantina, hingga visa. Sandiaga mengatakan, poin-poin itu akan dibicarakan dalam rapat terbatas dan akan segera diumumkan hasilnya.

Indonesia termasuk salah satu negara yang saat ini sudah melarang WNA dari Afrika Selatan masuk. Pelarangan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor IMI-0269.GR.01.01 TAHUN 2021 Tentang Pembatasan Sementara Orang Asing yang Pernah Tinggal dan/atau Mengunjungi Wilayah Beberapa Negara Tertentu Untuk Masuk Wilayah Indonesia dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Varian BARU COVID-19 B.1.1. 529. Surat itu diteken Plt Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana.

Larangan ini berlaku mulai hari ini. Selain Afrika Selatan, Indonesia juga melarang masuk WNA dari Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria.



Simak Video "Presiden Timor Leste Lakukan Pertemuan Dengan Pengurus PBNU"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA