Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Nov 2021 18:09 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenparekraf Dukung Modest Fashion Week, Nur Asia Jadi Ambassador

Putu Intan
detikTravel
Indonesia Modest Fashion 2021
Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung pengembangan industri modest fashion melalui penyelenggaraan Indonesia Modest Fashion Week 2021. Acara ini merupakan peragaan busana modest sekaligus diskusi mengenai industri modest di masa pandemi COVID-19.

Acara tersebut digelar secara hybrid secara langsung di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf dan daring melalui zoom dan siaran Youtube. Dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan dukungannya pada acara tersebut.

Sandiaga secara virtual menyampaikan bahwa fashion merupakan salah satu sektor yang mendukung industri ekonomi kreatif. "Fashion menjadi tulang punggung dan berkontribusi hampir 20 persen untuk sektor ekraf," kata dia, Selasa (30/11/2021).

Terutama untuk modest fashion, Sandiaga mengatakan potensinya besar mengingat Indonesia merupakan negara dengan dengan populasi umat Muslim yang besar. Indonesia bahkan masuk dalam 5 besar pasar modest fashion di dunia.

Sandiaga juga menggarisbawahi bahwa Indonesia Modest Fashion 2021 ini tak hanya mempromosikan pakaian tetapi juga pelestarian lingkungan. Ini karena tema yang diangkat berkaitan dengan penyelamatan satwa bekantan yang terancam punah.

"Ini menunjukkan bahwa modest fashion dapat beradaptasi dan berkontribusi bagi lingkungan dan sosial," ujarnya.

Terkait penyelamatan bekantan itu, Founder and Chairman of Indonesia Modest Fashion Week Jeny Tjahyawati menjelaskan peragaan busana dilakukan di Pulau Curiak, Banjarmasin. Ada 18 perancang busana yang berpartisipasi dalam peragaan busana modest. Dari jumlah tersebut, 6 orang merupakan perancang asal Kalimantan Selatan.

Selain mengambil tema yang tak biasa, Jeny juga mengumumkan Nur Asia Uno menjadi Founding Ambassador of the Global Modest Fashion Week Association. Nantinya Nur Asia akan mempromosikan produk modest fashion ke kancah dunia.

"Ada deklarasi dari 5 negara, dari Prancis, Amerika Serikat, Maroko, Australia, dan Indonesia. Deklarasinya itu kita sepakat untuk memilih Nur Asia menjadi Funding Ambassador Global Modest Fashion Week," ujarnya.

Didapuk sebagai ambassador, Nur Asia mengaku terkejut. Namun ia akan melakukan tugas itu dengan maksimal karena membawa nama Indonesia.

"Mudah-mudahan kita amanah karena membawa nama Indonesia dan mudah-mudahan, saya tolong diingatkan terus untuk membuat Indonesia di mata dunia lebih baik, bisa menjadi panutan," kata Nur Asia.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA