Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 06 Des 2021 10:32 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat Datang di Dunia, Bayi Gajah Sumatera TN Tesso Nilo

Putu Intan
detikTravel
Bayi gajah di Taman Nasional Tesso Nilo
Bayi gajah sumatera. Foto: dok. @bbksda_riau
Pekanbaru -

Awali Senin pagi dengan kabar gembira, bayi gajah sumatera kembali lahir. Kali ini berasal dari Taman Nasional Tesso Nilo.

Kabar baik ini disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Instagram resminya @kementerianlhk pada Senin (6/12/2021). Melalui sebuah postingan, KLHK mengunggah sejumlah foto bayi gajah yang sampai saat ini belum diberi nama tersebut.

KLHK menjelaskan, bayi gajah ini lahir di camp elephants flying squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. Bayi itu hadir ke dunia pada hari Kamis (2/12/2021) sekitar pukul 02.00 WIB.

Anak gajah yang baru lahir itu berjenis kelamin jantan. Lalu berdasarkan hasil pengukuran morfometri, bayi gajah ini lahir dengan tinggi badan 86 sentimeter, panjang badan 102 sentimeter, lingkar badan 103 sentimenter, dan berat badan 84 kilogram.

[Gambas:Instagram]



Bayi gajah ini adalah anak keempat dari gajah bernama Ria. Bayi tersebut lahir dari hasil breeding dengan gajah liar.

Proses melahirkan berlangsung secara normal dan baik bayi maupun induknya dalam keadaan sehat. Sebelumnya, Ria yang berusia 45 tahun itu telah berhasil melahirkan tiga ekor anak gajah sumatera yang bernama Tesso, Tino, dan Harmoni Rimbo.

Kelahiran bayi gajah sumatera ini tentu disambut dengan suka cita. Ini mengingat status satwa itu yang meningkat dari gawat menjadi kritis sejak 2012.

IUCN Red List menyebut gajah sumatera mengalami penurunan jumlah populasi yang signifikan. Bahkan gajah sumatera terindikasi kehilangan 69 persen habitat potensinya dalam 25 tahun terakhir.



Simak Video "Bayi Gajah Sumatera Pertama yang Lahir di Lembaga Konservasi Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA