Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Des 2021 21:02 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Semeru Erupsi, Ini Upaya Sandi agar Parekraf Tak Jatuh Tertimpa Tangga

Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian korban yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru. Pagi tadi ada 5 jenazah yang ditemukan.
Tim SAR Evakuasi Korban di Gunung Semeru Foto: Dok. Basarnas Surabaya
Jakarta -

Erupsi Gunung Semeru tentu berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi beberapa destinasi unggulan bisa ditemukan di sekitar Gunung Semeru.

Sebanyak 12 desa wisata beserta destinasi unggulan lainnya berada di sekitar Gunung Semeru. Salah satunya adalah Ranu Pani desa wisata tertinggi dari segi elevasi.

"Kami yakin walaupun ada dampaknya, tapi kami berdoa bahwa segera pulih, karena ini ada 2 atau 3 destinasi wisata unggulan di Indonesia, pertama tentunya Bromo Tengger Semeru, berikutnya adalah Malang, Kabupaten Malang dan Kota Malang atau Malang Raya dan Wisata Batu juga pasti akan terdampak dan tentunya Lumajangnya sendiri," kata Sandiaga Uno di Jakarta.

"Apalagi kalau kita berbicara pariwisata yang berbasis eco tourism, pendakian gunung dan sebagainya jadi kita berharap langkah pemulihannya bisa segera dan kita pastikan bahwa daerah Lumajang dan dan Kabupaten Malang sekitarnya segera bangkit," tambah Sandiaga.

Langkah-langkah mitigasi dan antisipasi dilakukan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sejauh ini sektor tersebut sudah sangat terpuruk akibat pandemi.

"Saya baru cek teman-teman yang di wilayah Bromo aman dan Kita terus mengupayakan langkah-langkah mitigasi dan antisipasi agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini tidak jatuh terus tertimpa tangga pula, karena situasi COVID-19 ini cukup berat dan erupsi Gunung Semeru ini menambah beban dari sektor ini," kata Sandiaga.

Ada beberapa kerugian yang dirasakan oleh destinasi wisata di lereng Gunung Semeru, terutama berkaitan dengan infrastruktur. Salah satunya ada di desa wisata Gunung Wayang.

"Untuk kerugian, kerugian infrastruktur terutama berkaitan dengan infrastruktur take off dan landing dari paralayang juga kerusak askes jalan lalu pembersihan abu vulkanik," tambahnya.



Simak Video "Momen Petugas Evakuasi Wanita Korban Erupsi Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA