Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Des 2021 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Camping tapi lagi Musim Hujan? Pergi Glamping Saja Yuk..

Syanti Mustika
detikTravel
Glamping Likeside Ciwidey
Ilustrasi glamping Foto: (Muhammad Iqbal/detikcom)
Bandung -

Natal dan Tahun Baru 2022 tinggal menghitung hari. Banyak jenis kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga, teman, ataupun pasangan untuk menyambutnya. Salah satunya dengan liburan. Kesempatan ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda abadikan sebagai momen spesial.

Bagi pencinta suasana alam, camping bisa menjadi pilihan aktivitas yang tepat untuk Anda. Sayangnya, di Indonesia durasi musim hujan terjadi setiap bulan November hingga April sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa camping di musim hujan akan menjadi sedikit tricky.

Ada alternatif untuk Anda melakukan camping yang aman dan nyaman walaupun di musim hujan, yaitu dengan glamping. Merupakan singkatan dari glamorous camping, di Indonesia kegiatan satu ini lumayan populer. Lantaran wisatawan yang ingin berkemah dapat dimudahkan berkat fasilitas dan lainnya yang telah tersedia.

Dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (13/12/2021) Pegipegi membagikan beberapa tips,hal-hal asyik dari glamping dan rekomendasi glamping yang bisa kamu pilih untuk liburan nataru.

Selain fasilitasnya yang lengkap, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat glamping. Di antaranya:

1. Melihat Bintang (Stargazing)

Pada malam hari, bintang banyak bermunculan. Saat glamping, Anda dapat menatap dan memperhatikan keindahan pancaran cahaya dari atas langit sambil berbicara santai dengan partner Anda.

2. Membuat Api Unggun

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah api unggun. Sebagai penghangat badan di malam yang dingin, kegiatan satu ini bisa dilakukan sambil melakukan bonding, bermain, dan bernyanyi bersama-sama.

3. Barbecue-an

Berkumpul bersama tanpa barbecue terasa kurang lengkap. Sensasi kegiatan bakar-bakaran daging atau seafood sekaligus menyantap hidangan hangat-hangat terasa sangat seru, apalagi jika diadakan bersama kerabat terdekat.

4. Berswafoto dengan Latar Alam

Menginap di glamping sayang jika dilewatkan dengan tidur-tiduran saja. Selagi menginap di sana, Anda bisa mengabadikan kegiatan dengan swafoto berlatar belakang pemandangan alam yang memukau dan Instagramable.

5. Berwisata ke Destinasi Terdekat

Umumnya, spot glamping memang berada di tempat yang dekat dengan alam sehingga banyak destinasi menarik di sekitarnya yang dapat Anda kunjungi untuk berwisata. Seperti air terjun, gunung, bukit, dan danau. Bahkan destinasi buatan seperti kolam renang, outbond, area bermain sepeda, dan lainnya juga disediakan fasilitasnya.

Glamping di Purworejo.Glamping di Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro


Maribaya GlampingMaribaya Glamping Foto: Maribaya Glamping

Manfaat Glamping yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata glamping bukan hanya sebuah momen untuk berlibur, namun dapat juga memberikan pengalaman spesial yang bermanfaat. Seperti:

1. Menyatu dengan Alam

Jika Anda tinggal di pusat kota, pasti jarang menjumpai tempat-tempat terbuka yang langsung menghadap ke alam bebas. Pergi glamping bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda menghabiskan waktu sambil menghirup udara segar.

2. Menikmati Pemandangan

Salah satu manfaat glamping yang paling ditunggu-tunggu wisatawan, yaitu bisa melihat panorama indah. Tidak heran kalau spot glamping selalu berada di tempat-tempat yang memiliki best view untuk melihat sunrise maupun sunset.

3. Self-healing

Cara terbaik untuk self-healing adalah bisa beristirahat cukup, merawat diri, dan melakukan meditasi demi membantu menyegarkan pikiran dan mental agar selalu positif, sekaligus meningkatkan kesehatan dan well-being seseorang. Faktanya, cara tersebut dapat Anda lakukan saat sedang ber-glamping ria.


5 Rekomendasi Tempat Glamping yang Aman dan Nyaman

Bagi Anda yang ingin merasakan glamping yang aman dan nyaman, berikut lima tempat glamping rekomendasi Pegipegi yang dapat Anda coba:

1. Maribaya Glamping Tent

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke daerah Lembang, dapat mencoba untuk camping mewah di Maribaya Glamping Tent. Di sini juga ada pemandian air panas dengan kandungan belerang untuk membantu Anda relaksasi selama liburan.

Lokasi: Jalan Maribaya No. 105/212, Langensari, Lembang, Jawa Barat

2. Sembalun Glamping

Berlatar panorama Bukit Pergasingan, Sembalun Glamping memiliki view yang indah untuk dinikmati, terutama saat matahari terbit. Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan, mulai dari BBQ, memancing, dan diving di sekitar Air Terjun Mangku Sakti.

Lokasi: Jalan Raya Sembalun Lawang, Sajang, Sembalun, Lombok Timur, NTB

3. Bali Beach Glamping

Memiliki pemandangan cantik di tepi pantai, Bali Beach Glamping punya spot tempat glamping indah dengan kenyamanan dan kebersihan yang maksimal. Tidak hanya view yang cantik, tempat ini juga dikelilingi oleh hamparan taman hijau, sawah, hingga kolam renang outdoor.

Lokasi: Jalan Kebo Iwa, Banjar Batu Tampih Kangin, Pangkung Tibah, Tabanan, Bali

4. Oak Tree Glamping Resort

Selain pesona alamnya, glamping satu ini ramah anak karena punya fasilitas kids club dan games corner. Ada juga lounge untuk bersantai, dan aktivitas air yang menyenangkan seperti outdoor pool serta kegiatan rafting di sekitar.

Lokasi: Jalan Tawang Argo No. 1, Sisir, Batu, Malang, Jawa Timur

5. Kadena Glamping Dive Resort

Kadena Glamping Dive Resort yang berlokasi di Anyer menjadi tempat glamping terciamik untuk merasakan liburan vibes di tepi pantai. Menghadap langsung ke Selat Sunda, Anda dapat menjelajahi wisata air seperti diving, snorkeling, berenang, dan olahraga menarik lainnya.

Lokasi: Jalan Raya Anyer-Sirih No. 126, Sindanglaya, Cinangka, Serang, Banten

(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA