Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Des 2021 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Canggihnya National Stadium Singapura, Tempat Timnas Berlaga Kontra Thailand

Tim detikcom
detikTravel
National Stadium Singapura
National Stadium Singapura (Foto: Singapore Sports Hub)
Singapura -

Kalau Indonesia punya Gelora Bung Karno dan yang terbaru Jakarta International Stadium sebagai kebanggaan, maka Singapura punya yang disebut National Stadium. Di sinilah timnas sepakbola Indonesia akan bertarung melawan Thailand nanti malam dan pada leg kedua di akhir pekan nanti.

National Stadium Singapore atau Stadion Nasional Singapura akan menjadi lokasi pertandingan final Piala AFF 2020 yang akan mempertemukan timnas Indonesia dengan Thailand, Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) mendatang.

National Stadium merupakan bagian dari kompleks olahraga, Singapore Sports Hub akan. Kompleks ini merupakan fasilitas olahraga dengan sarana penunjang sangat lengkap.

Singapura mulai untuk membangun kompleks olahraga baru yang terletak di Kallang, mulai tahun 2006. Bertempat di kawasan National Stadium, kompleks olahraga itu menghabiskan biaya pembangunan sebesar 1,3 miliar dolar Singapura.

Biaya itu dipakai untuk memugar stadion utama dengan kapasitas 55 ribu tempat duduk. Kapasitas itu bisa bertambah dan berkurang sesuai event olahraga yang dipentaskan.

Selain terdapat stadion yang menjadi kandang tim nasional Singapura, ada juga stadion akuatik, sebuah aula olahraga, perpustakaan, museum, pusat olahraga air, pusat perbelanjaan dan restoran, serta alat transportasi massal MRT. Canggih ya memudahkan pejalan kaki.

National Stadium SingapuraNational Stadium Singapura Foto: Singapore Sports Hub

Semua bangunan di kawasan Singapore Sports Hub akan terhubung satu sama lain. Tak cuma bisa dipakai untuk olahraga, tempat ini juga bakal dilengkapi kawasan niaga seperti restoran dan juga pusat perbelanjaan.

Kompleks ini juga unik, sebabnya meski bakal dipakai sebagai fasilitas latihan tim nasional, masyarakat umum juga bakal bisa menggunakannya. Sesuatu yang jarang ditemui di negara lain.

Menggandeng beberapa sponsor, pemerintah Singapura menggunakan sistem build-operate-transfer untuk mengelola kompleks olahraga. Sistem itu berarti pihak investor mendapatkan hak pengelolaan selama 25 tahun, usai itu baru baru diserahkan kembali ke pihak pemerintah.

Stadion ini juga ramah buat kalangan difabel. Tak cuma memudahkan difabel, National Stadium juga ramah terhadap ibu dan balita. Akses menuju dan dari stadion mudah. Ada stasiun MRT di kawasan itu dan terhubung dengan stadion lainnya.

Toilet juga cukup luas. Biliknya pun banyak. Penonton bisa memilih untuk menyelesaikan hajatnya dengan jongkok atau duduk.

Untuk yang membawa stroller pun tak masalah. Hanya saja, stroller, tak bisa dibawa ke dalam stadion. Stroller bisa disimpan di tempat tertentu yang sudah disediakan.

National Stadium SingapuraPengunjung di National Stadium Singapura beberapa waktu lalu Foto: Femi Diah/detikSport

Selanjutnya Fakta National Stadium Singapura

Beberapa fakta National Stadium Singapura

1. Stadion yang memiliki kapasitas 55 ribu kursi tersebut dibangun ulang pada tahun 2010 silam. Stadion yang dirancang oleh Arup ini dibuka untuk umum pada 30 Juni 2014.

2. Operasional stadion berstandar internasional ini memanfaatkan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, stadion ini juga canggih, salah satunya terlihat dari sistem stadion ini yang dirancang dapat mengalirkan udara sejuk ke bangku penonton dengan menggunakan ventilasi netral karbon.

3. Stadion ini juga dilengkapi dengan kubah yang memiliki diameter mencapai 312 meter. Tak heran, National Stadium Singapore disebut sebagai stadion dengan struktur kubah terbesar yang ada di dunia. Selain itu, kubah stadion ini juga bisa dibuka tutup dalam waktu 25 menit lho.

National Stadium SingapuraNational Stadium Singapura Foto: Singapore Sports Hub

4. Stadion ini kerap menjadi venue pertandingan sepakbola internasional. Saat pertandingan Manchester United vs Inter Milan digelar di stadion ini pada tahun 2019 lalu jumlah penonton yang hadir mencapai 52.987. National Stadium Singapore juga kerap menjadi venue untuk berbagai acara olahraga lainnya serta konser musik musisi internasional seperti Ed Sheeran, Coldplay hingga boyband Korea Selatan EXO.



Simak Video "Holywings Siapkan Hadiah Rp 1 M Buat Timnas Jika Juara AFF 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA