Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Jan 2022 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Di Kedalaman 2.000 Meter, Peneliti Temukan Spesies Baru Berbentuk Aneh

Pseudumbellula scotiae
Foto: Spesies baru ditemukan di Skotlandia (dok. Pemerintah Skotlandia)
Glasgow -

Sebuah spesies baru ditemukan di kedalaman laut Skotlandia. Spesies koral berbentuk aneh itu hidup di kedalaman 2.000 meter. Seperti apa wujudnya?

Tim peneliti dari pemerintah Skotlandia bekerja sama dengan Universitas Sevilla, Spanyol berhasil menemukan satu spesies koral yang hidup di laut dalam. Spesies koral itu ditemukan setelah penelitian selama 10 tahun di pesisir pantai Skotlandia.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (13/1/2022), spesies koral itu ditemukan di kedalaman 2.000 meter, tepatnya di spot bernama Rockall Trough di pesisir barat Skotlandia.

Ahli koral dari Universitas Sevilla, Dr Pablo Lopez-Gonzalez menyebut spesies baru itu ditemukan berkat kombinasi teknik sampling tradisional dengan analisis genetik yang mutakhir.

Spesies baru itu awalnya diduga termasuk dalam keluarga Umbellula, tetapi analisa genetik menyatakan hal yang berbeda. Spesies koral itu belum pernah ada sebelumnya di dunia sains.

Para ahli Taksonomi memberi nama spesies baru itu dengan Pseudumbellula scotiae. Nama scotiae merujuk pada Skotlandia, negara tempat dia temukan, serta untuk menghormati jasa pemerintah Skotlandia dalam hal penelitian ilmiah dan konservasi.

Sementara nama depan Pseudumbellula merujuk pada kemiripan fisik dengan famili Umbellula, padahal sebenarnya mereka adalah dua spesies yang berbeda. Jika diartikan secara harfiah, Pseudumbellula, bisa diartikan Umbellula palsu (Pseudo=Palsu).

Menteri Lingkungan dan Reformasi Agraria Skotlandia, Mairi McAllan menyebut penemuan spesies baru itu sangatlah penting dan menarik karena menunjukkan bagaimana beragamnya dunia bawah laut di sekitar Skotlandia.

"Skotlandia punya beberapa ekosistem laut tercantik dan sangat beragam di planet ini. Kami berkomitmen untuk menjaga mereka untuk generasi mendatang," pungkas McAllan.



Simak Video "Spesies Baru Dinosaurus Berhasil Ditemukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA