Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Feb 2022 15:05 WIB

TRAVEL NEWS

4 Tempat Wisata di Jakarta yang Dibuka Saat PPKM

Sponsored
detikTravel
Sea World Ancol
Foto: Ancol
Jakarta -

Pemerintah memperbolehkan tempat wisata di wilayah yang termasuk dalam PPKM Level 3 tetap buka. Kendati demikian, jumlah kapasitas maksimal pengunjung dibatasi hanya 25%.

Adapun aturan pembukaan tempat wisata di daerah PPKM level 3 tercatat dalam Inmendagri Nomor 9/202 yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada 7 Februari 2022.

Aturan itu pun mulai berlaku efektif Selasa, 8 Februari dan diperpanjang hingga 28 Februari 2022. "Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) dibuka dengan kapasitas maksimal 25%," demikian instruksi Mendagri.

Dalam aturan terkait pembukaan fasilitas umum itu memiliki 4 ketentuan yang perlu diperhatikan. Pertama, tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan.

Kemudian yang kedua, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu bertujuan untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. "Hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan," bunyi poin kedua. Kemudian yang ketiga, anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Ketentuan terakhir, penerapan ganjil-genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata.

"Mulai Jumat pukul 12.00 sampai dengan Minggu pukul 18.00 waktu setempat," jelasnya.

Berikut 5 tempat wisata di Jakarta kembali buka saat PPKM.

1. Dunia Fantasi Ancol (DUFAN)

Dunia Fantasi Ancol populer dengan sebutan Dufan. Di sini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Tempatnya berada di area Taman Impian Jaya Ancol.

Kawasan yang bisa dinikmati pengunjung di Dunia Fantasi (Dufan) saat PPKM diperpanjang, meliputi kawasan pantai hingga penginapan. Dufan kembali dibuka mulai 14 September 2021.

Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol kembali melayani pengunjungnya yang akan berekreasi dengan jam operasional mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB.

2. Sea World

Tak hanya wahana bermain yang seru, di tempat wisata Ancol kamu juga bisa mengenal kehidupan bawah laut yang beragam. Di Sea World kamu akan merasakan pengalaman liburan yang berbeda.

Di sini kamu bisa belajar seputar alam bawah laut. Tak hanya melihat konservasi ikan laut, di Sea World kamu juga bisa melihat konservasi ikan tawar. Selain itu, masih ada banyak spesies ikan populer hingga langka bisa disaksikan di sini.

Kamu bisa melihat sekitar 7.000 an biota air tawar yang ditampilkan dalam akuarium raksasa serta kolam-kolam terbuka. Sesekali kamu juga akan disajikan atraksi Feeding Show, yaitu aksi penyelam memberi makan biota laut.

Apabila kamu ingin mengenal lebih dekat biota laut, Sea World juga menyediakan kolam sentuh agar kamu bisa merasakan serunya berinteraksi langsung dengan biota laut. Lengkapnya fasilitas yang ditawarkan, tak heran kalau tempat wisata Ancol ini selalu ramai pengunjung.

3. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra juga sangat cocok dijadikan sebagai alternatif lain untuk bertemu dengan biota laut. Lebih atraktif, di Ocean Dream Samudra kamu bisa menyaksikan atraksi cerdas dari lumba-lumba, singa laut, dan aneka satwa lain.

Mengusung konsep Edutainment Theme Park, di sini kamu diberi kesempatan untuk mengenal aneka satwa laut lebih dekat. Wahana ini juga dijadikan pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba karena memiliki konsep dan fasilitas lumba-lumba yang cukup lengkap.

Jika sudah merasa puas menyaksikan atraksi hewan biota laut tersebut, kamu bisa menambah keseruan bersama keluarga dengan menyaksikan film sinema 4D.

4. Atlantis Water Adventure

Tempat wisata Ancol yang ini cocok banget buat kamu yang suka bermain air. Di Atlantis Water Adventure ada banyak wahana air seru yang bisa melepas penat. Ada 5 wisata air di sini seperti kolam ombak, kolam tanding, kolam apung, Viddy Pool, dan Crazy Highest Longest Side.

Wahana Crazy Highest Longest Side cocok buat kamu yang suka petualangan ekstrim. Wahana ini akan membawa kamu meluncur dalam kecepatan 12 kilometer per jam. Terdapat dua seluncuran yang wajib kamu coba, pertama yang memiliki panjang 149 kilometer dengan model berkelok dan 122 meter yang memiliki bentuk seluncuran terbuka.

Demikian referensi liburan seru bersama keluarga di Ancol. Yuk beli tiket Ancol sekarang dan nikmati keseruannya!

(Content Promotion/Ancol)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA