Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Pengabdi Setan dan Perjanjian dengan Makhluk Halus di Kebudayaan Jawa

Tim detikcom
detikTravel
Poster Pengabdi Setan 2: Communion dirilis pada Kamis (23/6/2022).
Foto: Pengabdi Setan (dok. Rapi Films)
Solo -

Film Pengabdi Setan mengisahkan tentang Mawarni Suwono yang mengadakan perjanjian dengan setan. Kebudayaan Jawa ternyata juga mengenal fenomena seperti itu.

Sebelum menjadi hantu Ibu, Mawarni pernah mengikuti sekte pemuja setan demi mendapatkan keturunan. Perjanjian antara Mawarni dengan setan itu pun meminta tumbal. Ternyata cerita tentang perjanjian dengan setan tak hanya ada di film, tapi juga dalam kepercayaan sebagian masyarakat Jawa.

Menurut Clifford Geertz, antropolog asal Amerika yang intens meneliti budaya Jawa, sebagian masyarakat Jawa memiliki kepercayaan terhadap makhluk halus. Geertz mengutarakan hal itu dalam bukunya yang berjudul Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi dalam Kebudayaan Jawa.

Kemomong, Perjanjian dengan Setan

Geertz menuliskan, perjanjian sukarela dengan iblis disebut dengan kemomong. Kemomong termasuk dalam ranah kejadian yang disebabkan oleh lelembut atau makhluk halus yang menyebabkan kesurupan.

Namun, kemomong tidak seperti kesurupan pada umumnya, yang mana makhluk halus merasuki tubuh manusia tanpa persetujuan karena niatnya sekadar mengganggu. Dalam bukunya, Geertz menuliskan kemomong itu disebut semacam perjanjian dengan setan.

"Seseorang, biasanya yang tidak mempercayai Tuhan, menjadi sahabat setan...lalu setan itu merasuki tubuhnya, semacam persekutuan sukarela atau persetujuan kedua belah pihak." (hlm. 16).

Orang yang mengalami kerasukan jenis kemomong biasanya menjadi setengah gila, tetapi memiliki kekuatan tertentu. Misalnya ia jadi mampu mengobati penyakit orang atau mempunyai suatu kelebihan lain yang dirasa cukup berharga untuk diperoleh dengan cara kemomong.

Bisa jadi orang yang mengalami kemomong semata-mata demi pengalaman saja.Terkabulkannya keinginan seseorang berkat perjanjian dengan makhluk halus dalam cerita tuyul di Mojokuto itu sekilas mirip dengan cerita tokoh Mawarni Suwono dalam film Pengabdi Setan pertama (2017).

Film Pengabdi Setan besutan sutradara Joko Anwar yang merupakan garapan ulang dari film berjudul sama pada tahun 1980 itu mengisahkan tentang Mawarni yang semula tak direstui oleh ibu mertuanya. Sebab, Mawarni adalah seorang seniman dan tidak bisa punya keturunan.

Demi mendapatkan keturunan itulah Mawarni mengikuti sekte pemuja setan. Keinginannya terkabul. Dia memiliki empat anak yaitu Rini (Tara Basro) dan tiga adik laki-lakinya.

Setelah anak-anaknya tumbuh besar, Mawarni menderita sakit parah yang membuatnya terbaring lemah di tempat tidur. Keuangan keluarganya pun kolaps karena habis untuk biaya pengobatan Mawarni yang tak kunjung sembuh.

Setelah 3,5 tahun menderita penyakit aneh, Mawarni akhirnya meninggal. Kematian Mawarni bukanlah akhir cerita, tapi justru awal dari teror yang menghantui suami dan anak-anaknya. Teror hantu Ibu itu terus berlanjut dalam sekuel Pengabdi Setan 2 Communion yang tayang serentak di bioskop Indonesia pada Kamis (4/8/2022).


----

Artikel ini telah naik di detikJateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Ngeri! 'Pengabdi Setan 2' Bakal Tayang dalam Format IMAX"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA