Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Bisa Lho Keliling Jakarta Cuma Rp 10.000, Simak Caranya!

Tim detikcom
detikTravel
Ratusan calon penumpang bersiap menaiki transportasi Bus Transjakarta di kawasan Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Selasa (10/5). Ketika libur lebaran usai, penumpang TransJakarta kembali ramai.
Foto: Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Berlakunya tarif integrasi transportasi umum di Jakarta, maka kini biaya maksimum menggunakan angkutan umum massal di ibu kota hanya Rp 10.000. Wah, asyik!

Syaratnya, perjalanan harus menggunakan kombinasi antara Transjakarta, MRT, dan/atau LRT. Nah, bagi yang ingin mendapatkan paket tarif integrasi ini, wajib menggunakan pembayaran dengan menggunakan kartu uang elektronik.

"Metode pembayaran paket tarif layanan angkutan umum massal menggunakan uang elektronik dengan prosedur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan." bunyi Kepgub DKI Jakarta Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Paket Tarif Layanan Angkutan Massal.

Jika sebelumnya perjalanan dari Kota ke Lebak Bulus menggunakan kombinasi Transjakarta dan MRT menghabiskan biaya Rp 17.500 (Rp 3.500 + Rp 14.000). Maka dengan tarif integrasi, biaya yang dibutuhkan hanya Rp 10.000.

Caranya, traveler harus menggunakan perjalanan kombinasi dari dua moda transportasi umum, yakni Transjakarta dan MRT. Misalnya, dari Kota ke Bundaran HI menggunakan Transjakarta berbiaya Rp 3.500. Kemudian dilanjutkan dengan MRT dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus dengan biaya Rp 14.000.

Perlu diingat, waktu maksimal perjalanan untuk mendapatkan tarif integrasi ini adalah 180 menit. Artinya, pengguna harus menyelesaikan sekali perjalanannya menggunakan integrasi moda tidak lebih dari tiga jam.

Selain itu perpindahan moda harus dilakukan di halte/stasiun integrasi yang telah tersedia. Saat ini halte atau stasiun yang sudah terintegrasi secara fisik adalah halte/stasiun Bundaran HI (MRT dan Transjakarta), halte CSW dan stasiun MRT ASEAN, serta halte Rawamangun dan stasiun LRT Velodrome.

Jadi, perjalanan kombinasi untuk mendapatkan tarif integrasi tersebut harus mempunyai irisan di salah satu halte/stasiun tersebut.



Simak Video "Tok! Pengadilan Putuskan PT TransJakarta Harus Bayar Upah Lembur Buruh"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA