Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Nov 2022 14:09 WIB

TRAVEL NEWS

Lebih dari 3.000 Burung di Singapura Bermigrasi, Mau ke Mana?

Putu Intan
detikTravel
Kebun burung di Singapura
Jurong Bird Park. Foto: Andhika Prasetia
Singapura -

Singapura punya proyek besar memindahkan burung dan tanaman dari Jurong Bird Park ke Bird Paradise. Ini adalah taman burung baru berskala lebih besar.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (30/11/2022) lebih dari 3.000 burung dan sekitar 50 spesies flora bakal dipindahkan. Hal itu disampaikan Menteri Negara Perdagangan dan Industri Alvin Tan. Langkah pemindahan ini merupakan tindak lanjut dari penutupan Jurong Bird Park pada 3 Januari 2023.

"Perencanaan rinci Mandai Wildlife Group untuk pemindahan ini mencakup langkah-langkah dan pengukuran yang diperlukan untuk memastikan kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan burung selama relokasi," kata Tan.

Sementara itu Mandai Wildlife Group mengatakan bahwa persiapan migrasi dari Jurong Bird Park ke Bird Paradise dimulai lebih dari tiga tahun lalu. Selama dua tahun terakhir, kandang burung di Jurong Bird Park diubah namanya untuk mencerminkan habitat baru Bird Paradise.

Ini dilakukan supaya mereka dapat mulai memperkenalkan spesies burung yang berbeda yang akan ditempatkan di habitat yang sama di taman baru.

Taman baru seluas 17 hektar itu akan dibuka pada kuartal kedua 2023. Taman ini merupakan bagian dari Mandai Wildlife Reserve.

Bird Paradise akan menjadi rumah bagi 3.500 burung dari 400 spesies. Mereka akan ditempatkan di delapan area besar yang mencerminkan bioma berbeda, dari hutan hujan Afrika hingga area persawahan Asia Tenggara.

Proses pemindahan burung-burung ini akan memakan waktu selama beberapa bulan. "Pekerjaan mengkondisikan burung untuk bergerak telah dimulai, dengan kandang kecil yang dikondisikan ditempatkan di habitat yang lebih besar untuk mendorong burung masuk secara sukarela dan merasa nyaman di dalam," kata Mandai Wildlife Group.

Kandang pengkondisian ini akan digunakan untuk mengangkut mereka dengan aman ke Suaka Margasatwa Mandai. Selain itu, pemindahan burung-burung ini adalah usaha besar-besaran dan lebih dari 100 langkah harus disiapkan untuk menyelesaikan setiap transfer.

"Setelah dilepasliarkan ke rumah barunya, burung-burung tersebut akan diawasi secara ketat untuk memastikan mereka menyesuaikan diri dengan baik dan diberi waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya," ucapnya.



Simak Video "Pengusaha Sapi ini Banting Setir Budidaya Burung Murai"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA