Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Apr 2017 14:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini 6 Tips Diving yang Kamu Harus Tahu

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi diving (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi diving (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
Jakarta - Dunia bawah laut menyimpan banyak keajaiban. Tapi untuk menjelajahinya, kamu harus tahu sejumlah tips diving seperti berikut ini.

Menikmati keajaiban lautan memang tidak bisa sembarangan, karena harus diving. Berbeda dengan snorkeling, diving memiliki beberapa kriteria khusus dan ciri khas yang berbeda.

Dari mulai kedalaman hingga peralatan yang dipakai, harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Kali ini, detikTravel Kamis (13/4/2017) akan memberikan beberapa tips diving yang harus kamu tahu:

1. Lisensi

Berbeda dengan snorkeling, diving memerlukan lisensi khusus untuk melakukannya. Karena diving memiliki beberapa aspek yang berbeda seperti kedalaman air dan alat yang digunakan.

Kalau mau diving, pastikan kamu punya lisensi. Ada banyak sekali dive center yang menyediakan pelatihan dan sertifikasi berjenjang. Kamu bisa pilih paketnya sesuai bujet di kantung.

2. Pastikan peralatan berfungsi dengan baik

Diving adalah salah satu kegiatan di air yang membutuhkan peralatan khusus. Berbagai peralatan pun juga cukup banyak sehingga perlu dipersiapkan sebelum menyelam.

Beberapa di antaranya adalah wetsuit, masker, regulator hingga tabung yang digunakan. Pastikan semua alat berfungsi dengan baik, apabila merasa tidak nyaman atau longgar jangan sungkan untuk beritahukan ke instruktur atau partner diving.

3. Tidur yang cukup

Menyelam nyatanya membutuhkan stamina yang penuh dan kondisi tubuh yang prima. Untuk mengantisipasinya, traveler harus tidur dengan cukup agar tidak mudah lelah.

Seorang penyelam juga membutuhkan keseimbangan di dalam air yang memerlukan konsentrasi. Kemungkinan terburuknya traveler dapat pingsan di dalam air dan memperbesar resiko kematian.

4. Harus memiliki pendamping

Bukan, bukan pendamping hidup. Tetapi traveler diharuskan memiliki seorang yang menjadi partner saat di bawah air. Ini juga disebut dengan istilah 'buddy'.

Seorang buddy dibutuhkan untuk menghindari semisal ada gangguan atau hal yang tidak diinginkan. Contohnya seperti gangguan pada alat atau kondisi laut yang buruk. Ingat, jangan pernah diving sendirian!

5. Hindari minum soda sebelum menyelam

Salah satu yang juga penting adalah hindari minuman yang mengandung soda di dalamnya sebelum menyelam. Minimal 1x24 jam, traveler dilarang minum soda.

Karena pada saat menyelam traveler dipaksa untuk melawan tekanan air laut dan gravitasi. Apabila traveler meminum soda, nantinya akan mengeluarkan gas dan dapat mengakibatkan muntah, sedangkan mulut harus tetap dipasang selang yang terhubung dengan tabung oksigen.

6. Jangan pernah sentuh terumbu karang

Mungkin ini terkesan biasa, namun nyatanya terumbu karang sama sekali tidak boleh disentuh. Sudah banyak kasus soal perusakan terumbu karang yang berawal dari iseng menyentuhnya saja.

Faktanya, terumbu karang hanya tumbuh kurang dari 1 sentimeter setiap tahunnya. Terumbu karang juga merupakan hewan yang sangat sensitif dan beberapa diantaranya memiliki sengat yang membahayakan. Jadi, jangan coba-coba memegang ya, apalagi merusak.

Saksikan video 20detik di sini:

(krn/fay)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED