Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2016 17:36 WIB

TRAVEL-TIPS

Aneka Tips Sebelum Foto Underwater di Umbul Ponggok, Klaten

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto underwater di Umbul Ponggok (umbulponggok.com)
Foto underwater di Umbul Ponggok (umbulponggok.com)
Klaten - Berfoto underwater dengan aneka properti di Umbul Ponggok memang seru. Namun perhatikan dulu beberapa tipsnya agar kegiatan tersebut nyaman dan tidak membahayakan.

Tips ini detikTravel dapatkan ketika berbincang dengan Rabbani Muhammad Reza (26) atau akrab disapa Reza, salah satu operator yang menawarkan jasa foto underwater dengan aneka properti di Umbul Ponggok.

Melalui pesan whatsapp dengan detikTravel, Selasa (23/2/2016), Reza menyampaikan beberapa tips yang perlu dipersiapkan traveler sebelum mulai berfoto underwater dengan aneka properti di Umbul Ponggok:

1. Siapkan Baju Ganti

Yang pertama tentu saja siapkan baju ganti. Dengan berfoto underwater, sudah bisa dipastikan traveler akan berbasah-basah ria. Jadi baju ganti ada di urutan pertama bagi Reza. Untuk traveler yang ingin berfoto dengan kostum tertentu juga wajib menyiapkan sendiri. Atau jika minta untuk disiapkan, traveler harus siap membayar biaya ekstra.

2. Fisik yang prima

Reza menekankan pentingnya kondisi fisik yang prima sebelum mulai berfoto underwater. Kemampuan berenang traveler akan diuji. Kalau pun tidak bisa berenang, ada pelampung yang bisa disewa. Namun tetap kondisi fisik yang prima jadi pertimbangan utama.

3. Jangan sepelekan keselamatan

Menurut Reza, traveler harus mengutamakan keselamatan. Baik itu diri sendiri atau pun keselamatan teman sekelompok. Meski sudah jago berenang, tetap mesti hati-hati dan tidak menyepelekan tentang keselamatan.

4. Wajib pemanasan

Pemanasan sebelum nyemplung ke dalam kolam menjadi kewajiban yang mesti dilakukan oleh traveler sebelum mulai berenang dan juga berfoto underwater di Umbul Ponggok. Jika tidak pemanasan sebelum terjun ke air, siap-siap mengalami kram di beberapa bagian tubuh.

"Wajib itu pemanasan. Kram itu musuh utama di dalam air. Tapi di Umbul Ponggok, walaupun dalam, ada beberapa safe point buat istirahat kalau udah merasa capek atau kram," terang Reza.

5. Jangan malu meminta bantuan

Terakhir, traveler tidak boleh malu dalam meminta bantuan apabila ada masalah selama snorkeling atau pun saat berenang biasa di Umbul Ponggok. Karena jika traveler malu meminta bantuan, bisa fatal akibatnya.

"Jangan malu buat minta tolong juga kalau ada apa-apa. Di sana ada banyak life guard yang stay di pinggir kolam," tutup Reza.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED