Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Apr 2019 21:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Terhindar dari Jambret Saat Traveling

Kurnia Yustiana
detikTravel
Ilustrasi jambret (iStock)
Ilustrasi jambret (iStock)
Jakarta - Saat liburan, traveler harus waspada dengan tindak kejahatan seperti jambret yang mungkin mengintai. Supaya terhindar dari jambret, ada tips yang bisa dicoba.

Ketika traveling, baik itu bepergian jalan kaki, naik motor, maupun mobil, pastinya traveler ingin untuk selalu aman. Sejumlah tips ini bisa traveler lakukan supaya terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Dirangkum detikcom, Jumat (5/4/2019), berikut ini 7 tips terhindari dari jambret saat traveling:

1. Jangan pakai perhiasan mencolok

Usahakan saat liburan, hindari pakai perhiasan yang mencolok, terlebih untuk para traveler wanita. Pakailah secukupnya saja, jangan berlebihan. Pilihlah aksesoris yang biasa namun tetap stylish.

2. Bawa yang tunai secukupnya

Uang tunai memang menjadi andalan untuk dipakai saat traveling di mana saja. Agar lebih aman, bawalah uang tunai secukupnya saja untuk kebutuhan sehari-hari. Maksimalkan penggunaan kartu debit maupun kartu kredit di dalam dompet kecil dan masukkan dalam kantong.

3. Tetap waspada saat berjalan kaki

Pencuri bisa muncul dari mana saja, di pinggir jalan, di mana pun. Tetaplah waspada saat berjalan kaki di tempat umum. Bersikaplah santai, sebisa mungkin jangan sering keluarkan ponsel sambil jalan kaki. Apalagi sampai benar-benar sibuk dengan ponsel sampai kurang waspada dengan lingkungan sekitar.

Simpanlah ponsel di tas maupun kantong. Jika benar-benar diperlukan, lebih baik menepi sejenak di tempat yang dirasa aman untuk main ponsel.

BACA JUGA: 7 Tips Buat Kamu yang Mau Liburan Mendadak

4. Memilih tas dan dompet yang tepat

Kalau saat liburan kira-kira traveler lebih banyak jalan kaki atau naik motor, pilihlah tas yang tidak terlalu besar untuk dibawa ke mana-mana. Bisa tas ransel maupun tas selempang. Kenakan tas tersebut di sisi depan badan agar mudah dilindungi.

Sedangkan untuk dompet, bawalah dompet kecil yang mudah masuk kantong celana untuk menghindari jambret. Ukuran dompet yang kecil dan tipis bisa masuk ke dalam kantong celana sehingga tidak memancing perhatian.

5. Jika naik motor, letakkan tas di tempat yang aman

Traveling naik motor, keliling sambil menikmati sepoi angin pastinya asyik. Namun tingkat kewaspadaan harus tetap tinggi. Selain harus konsentrasi membawa motor, barang-barang juga harus diletakkan dengan baik agar aman.

Bawalah tas yang paling nyaman digunakan. Sebaiknya jangan kenakan tas tote bag atau tas tenteng, seiring talinya yang mungkin sering melorot dari pundak. Jika bagasi motor cukup besar, lebih baik letakkan tas di dalamnya selama perjalanan.

6. Hindari main hp di atas motor

Traveler yang menjadi penumpang motor, jangan main ponsel. Update media sosial bisa ditunda dulu sampai tempat tujuan. Jika ponsel benar-benar dibutuhkan untuk melihat peta atau mungkin ada telepon penting, mintalah untuk menepi terlebih dahulu agar lebih aman. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA