Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 18:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Aman Liburan di Pantai Selatan

Bonauli
detikTravel
Foto: Ilustrasi Pantai Selatan (Brigida Emi Lilia/dtraveler)
Foto: Ilustrasi Pantai Selatan (Brigida Emi Lilia/d'traveler)
Jakarta - Pantai selatan Jawa terkenal indah, namun ombaknya bisa berbahaya. Inilah tips aman untuk liburan ke Pantai Selatan bersama keluarga.

Pantai seringkali jadi pilihan saat liburan atau piknik bersama keluarga besar, apalagi di momen lebaran. Adanya mitos tentang pantai cantik ini tak menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung.

Punya arus mematikan karena bentuk pantai yang curam, Pantai Selatan masih bisa dinikmati. Dirangkum detikcom dari Peneliti Madya Bidang Oseanografi Terapan, Pusat Riset Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Widodo Pranowo, inilah beberapa tips aman untuk bisa bermain di Pantai Selatan.

1. Kenali area pantai

Pertama kali yang harus dilakukan oleh wisatawan ketika tiba di lokasi pantai selatan Jawa adalah melakukan survei secara pandangan mata untuk mengenali area potensi terjadinya Rip Current, arus cepat yang bisa menarik ke tengah laut.

2. Temukan spot berbahaya

Untuk mengenali potensi terjadinya Rip Current, traveler bisa berdiri di pantai menghadap ke laut.

Apabila terlihat ada permukaan laut yang tenang diapit sejumlah gelombang pecah di kanan kirinya, maka muka air yang tenang tersebut mempunyai probabilitas yang tinggi terjadi Rip Current. Hindari area tersebut, jangan berenang atau bermain air di area tersebut, karena sangat berbahaya.

3. Gunakan kostum cerah

Apabila ingin turun berenang atau bermain air, carilah area atau lokasi yamg lebih aman. Gunakan kostum yang berwarna cerah, seperti jingga atau merah muda.

Hindari kostum berwarna hijau karena apabila kasus terburuk anda terseret arus atau tenggelam akan sulit dicari karena warna hijau kostum akan menyatu dengan warna air laut.

4. Jangan panik

Pada kasus terburuk, jika sedang bermain air atau berenang dan tiba-tiba terseret oleh Rip Current, usahakan jangan panik. Jangan berenang menuju ke pantai secara tegak lurus melawan arus. Karena akan menguras tenaga dan napas.

Usahakan mengapung atau berenang menuju ke arah lepas pantai mengikuti Rip Current hingga energi RIP Current tersebut hilang atau berkurang.

5. Berenang ke arah pantai

Setelah cukup tenang di area lepas pantai, traveler bisa berenang menuju pantai. Berenanglah dengan menyamping menuju ke arah sisi kanan atau kiri dari zona Rip Current tersebut. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED