Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Agu 2020 05:26 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini Tips Berlibur Buat Traveler yang Sudah Tidak Sabar Ingin ke Bali

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Bandara I Gusti Ngurah Rai
Pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 dan eHAC di Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Badung -

Rasa risau sempat menghinggapi benakku ketika akan pergi ke Bali. Di masa pandemi ini, ada syarat tambahan agar bisa sampai ke pulau Dewata, yakni surat bebas COVID-19.

Namun, bila Anda sudah memilikinya, syarat itu bukan penghalang lagi. Di samping itu, ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi traveler. Apa saja?

1. Datang dua jam lebih awal

Bepergian menggunakan pesawat di dalam negeri saat ini harus melewati beberapa pemeriksaan. Nah, waktu awal sangat diperlukan agar tak ketinggalan pesawat dan merasa tergesa-gesa.

Setidaknya Anda harus datang dua jam lebih awal. Ya, prosesnya sudah seperti terbang ke luar negeri. Datang lebih awal juga agar bisa menghindari antrean.

Apa saja pemeriksaannya? Pertama pemeriksaan x-ray di saat akan masuk ke area check-in. Pemeriksaan kedua, Anda harus mendatangi konter KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang akan memvalidasi dokumen bebas COVID-19.

Pemeriksaan ketiga ada di konter check-in. Di sini dokumen bebas COVID-19 akan diperiksa oleh pihak maskapai.

Pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 terakhir dilakukan oleh pihak keamanan bandara. Lalu, Anda masih harus antre di pemeriksaan barang lewat alat X-Ray.

2. Pakai masker dan bawa hand sanitizer pribadi

Barang ini harus dipakai terus menerus dan dibawa oleh tiap penumpang. Ada banyak sekali papan peringatan oleh pihak bandara agar para penumpang selalu memakai masker.

3. Aturan jaga jarak

Poin pertama adalah rujukan di poin ini. Ketika Anda datang lebih awal maka Anda bisa dipastikan bebas antrean panjang yang pasti mengurangi jarak antar penumpang.

4. Bawa bekal sendiri

Menurut pantauan detikTravel, masih banyak restoran dan kafe tutup di bandara Soekarno Hatta dan I Gusti Ngurah Rai. Jadi, bawalah bekal pribadi atau setidaknya bawa air minum untuk perjalanan Anda.

5. Mengisi eHAC

Setibanya di bandara Bali, Anda akan langsung bertemu dengan pihak KKP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Mereka akan memeriksa dokumen eHAC, kamu harus mengisinya dengan mengunduhnya dahulu dari Play Store atau Apple Store.

eHACeHAC (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Sekadar info, bandara di Bali baru diterbangi oleh maskapai-maskapai asal Indonesia dan frekuensinya juga dikurangi. Jadi, bandara I Gusti Ngurah Rai sangat sepi di domestik, apalagi internasional.

Bali kini sedang hibernasi karena ketiadaan bule-bule. Bule yang ada kini hanya mereka yang mempunyai izin tinggal lama atau sudah menetap di sini.

Pantau terus detikcom untuk mengetahui tentang Bali di masa new normal.



Simak Video "Santuy Abis, Resto Jakarta Ini Nuansanya Mirip Pantai Bali "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA