Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Okt 2020 23:15 WIB

TRAVEL-TIPS

8 Tips Mendaki Gunung Ciremai Pas Cuti Bersama

Bima Bagaskara
detikTravel
View Gunung Ciremai
Tips mendaki Gunung Ciremai (Bima Bagaskara/detikTravel)

Syarat mendaki Gunung Ciremai

5. Pakaian Saat Mendaki

Selama mendaki, pakaian yang digunakan kemungkinan besar akan basah karena terkena keringat. Untuk itu, setiap pendaki dianjurkan membawa satu setel pakaian cadangan.Termasuk, saat mendaki Gunung Ciremai.

Pakaian cadangan itu nantinya akan dipakai saat pendaki menginap di transit camp.

"Tips memakai pakaian itu sebaiknya selain yang dipakai saat mendaki, minimum ada satu setel cadangan. Setelah mendirikan tenda dan selesai masak harus berganti baju baru agar tidak terjadi penurunan suhu saat malam," kata Kuswandono.

Selain membawa pakaian cadangan, pendaki juga harus membawa plastik packing (bisa menggunakan plastik sampah berukuran besar) yang melapisi carrier agar terhindar dari air mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan. Di musim hujan, menurut Kuswandono, sebaiknya pendaki membawa dua pakaian cadangan.

6. Selama Pendakian

Selama perjalanan menuju puncak, Kuswandono meminta para pendaki agar tidak memaksakan ego pribadi. Menurutnya pendaki tidak boleh meninggalkan atau terpisah dari rombongan saat pertama kali mendaftar.

Gunung CiremaiGunung Ciremai via Palutungan (Bima Bagaskara/detikTravel)

"Pesan yang harus diingat oleh pendaki jangan pikirkan ego sendiri. Biasanya pendakian itu berkelompok makanya sebisa mungkin jangan terpisah dari kelompok," kata Kuswandono.

7. Saat di Puncak

Puncak merupakan tujuan utama para pendaki. Saat di puncak hampir semua pendaki mengabadikan momen dengan berfoto. Sayangnya banyak pendaki yang mengabaikan keselamatan dengan berfoto di tepi jurang.

"Boleh mendapat foto bagus tapi pentingkan keselamatan. Saya pernah menegur pendaki yang foto di tepi jurang, itu jelas berbahaya," Kuswandono menegaskan.

Pendaki juga diharuskan turun dari puncak Gunung Ciremai sebelum pukul 09.00 WIB serta tidak perlu membawa barang-barang yang berat saat summit attack.

8. Jangan Tinggalkan Sampah

Hal yang tidak kalah penting saat berada di gunung ialah jangan pernah meninggalkan sampah yang dibawa baik itu plastik maupun kertas.

Di Gunung Ciremai ini pihak BTNGC memberikan dua pilihan cara kepada pendaki untuk menjaga kawasan gunung dari sampah. Yang pertama meminimalisir sampah yang dibawa dengan cara membuka packing makanan maupun air kemasan yang dibawa.

"Misal per orang harus bawa tiga liter air di dalam dua botol plastik, mending dimasukkan ke dalam jerigen saja. Kemudian mie instan, dibongkar dan dimasukkan ke dalam wadah saja semuanya jadi meminimalisir sampah," katanya.

Selain itu, cara kedua adalah dengan menyimpan sampah dan membawa kembali sampah dari atas ke bawah.

Selamat mendaki Gunung Ciremai!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA