detiktravel

Menilik Museum Gula Jawa Tengah (Pabrik Gula Gondang Winangoen)

Fajar Sari Dewi - d'Traveler - Senin, 09/01/2012 15:01:00 WIB
detikTravel Community -  

Hari yang cerah untuk jalan-jalan. Saya bersama teman dari Yogyakarta. Sepeda motor kami pacu, bergegas meluncur ke lereng barat Gunung Lawu, Karanganyar. Tak jauh motor melaju, di perjalanan terbersit untuk mampir ke Museum Gula Gondang Winangoen, berhubung letaknya searah, berada di Utara Jalan Yogya-Solo km 25 dan hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai di PG Gondang Winangoen.Begitu sampai, kami jeprat-jepret mengabadikan gambar di depan museum. Puas di luar, akhirnya masuk juga ke museum.

Museum Gula Jawa Tengah yang ada di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru klaten adalah museum yang menyimpan pernak-pernik dunia industri gula di Indonesia. Museum gula ini didirikan atas prakarsa dan diresmikan sendiri oleh Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, Bapak Soepardjo Roestam pada 11 september 1982. Museum ini menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan pemrosesan tebu hingga menjadi gula.

Begitu masuk di ruangan pertama, kami disuguhi miniatur kompleks pabrik gula Gondang Baru. Sebuah peta Jawa Tengah dengan titik-titik lokasi pabrik gula yang ada di Jawa Tengah. Di ruangan kedua terdapat koleksi berbagai macam alat-alat pertanian yang digunakan untuk menanam tebu, salah satunya adalah cangkul. Ada juga contoh macam-macam hama pengganggu tanaman tebu, alang-alang, dan lain-lain.

Ruangan ketiga yang pertama kulihat adalah mesin jahit besar, mungkin dulu untuk menjahit karung gula. Timbangan kuno, ampere meter, trafo, dan sekring juga ada disini. Lanjut ke ruangan keempat, kepala sapi yang pertama kulihat, membuatku untuk melirik foto-foto lain yang ada di dinding. Ternyata itu merupakan foto-foto upacara selamatan sebelum memulai musim giling tebu di beberapa pabrik gula.

Di ruang kelima terdapat miniature ruang administrasi kantor pengurus pabrik lengkap dengan foto-foto pejabat yang pernah menjabat di pabrik, mesin ketik kuno yang sudah usang, kamera yang sudah tidak jelas karena termakan usia serta mesin hitung. Sampai juga di ruangan terakhir, di ruangan itu terdapat miniatur pabrik gula. Usai sudah keliling museum, penasaran dengan pernak-pernik di dalamnya pun sudah terbayar.

Mari kita kunjungi museum, ajak teman-teman kalian!


Jam buka:

Senin-Kamis     : Pk. 08.00-13.30 WIB.

Jum’at             : Pk. 08.00-11.00 WIB.

Sabtu              : Pk. 08.00-12.30 WIB.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com